Ini Manfaat Luar Biasa Rendam Kaki dengan Air Garam yang Jarang Diketahui 

Ini Manfaat Luar Biasa Rendam Kaki dengan Air Garam yang Jarang Diketahui 

5 Desember 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Tanpa disadari tubuh manusia setiap hari terkena paparan racun, baik itu melalui udara yang dihirup maupun melalui makanan dan minuman. 

Salah satu cara paling aman dan sederhana mengeluarkan racun dari dalam tubuh adalah detoks dengan air garam, garam yang biasa dipakai yaitu garam batu. Air asin diketahui memiliki sifat mampu menetralkan energi negatif termasuk racun-racun. 

Berikut ini manfaat Iain yang didapatkan dari merendam kaki di air garam, dilansir Instagram @indozonehealth, 4 Oktober 2019.

1. Dapat mengatasi insomnia 

Terapi merendam kaki dengan air garam ternyata bermanfaat bagi mereka yang lelah seusai pulang bekerja dan sering mengalami kesulitan tidur hingga insomnia. 

Pasalnya, terapi ini ternyata dapat membantu merelaksasikan otot-otot, membantu menciptakan rasa nyaman dan menghilangkan ketegangan tubuh. Hal ini disebabkan karena merendam kaki dengan air garam akan membuat aliran peredaran darah pada kaki menjadi terbuka dan lancar. Aliran yang lancar ini akan membantu menciptakan rasa nyaman pada kaki dan menghilangkan pegaI-pegal, terlebih bila dilakukan seusai beraktivitas seharian. 

2. Dapat menurunkan tekanan darah 

Manfaat Iain yang bisa didapatkan dengan terbiasa merendam kaki di dalam air garam adalam menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ferayanti serta rekan-rekannya. 

Setelah mengecek tekanan darah pada para partisipan, para partisipan ini kemudian diminta untuk merendam kakinya di dalam air hangat sembari melakukan teknik relaksasi pernapasan. Para partisipan kemudian dicek lagi kondisi tekanan darahnya. 

Hasilnya adalah, mereka mengalami penurunan tekanan darah dengan signifikan karena kemampuan air hangat ini dalam membuat pembuluh darah melebar sehingga sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar. 

3. Dapat mengurangi rasa nyeri pada kaki 

Berendam dalam air garam hangat selama 20 menit mampu membuat kaki menjadi rileks dan membantu mengusir rasa nyeri yang muncul. Selain itu, penggunaan garam yang mengandung magnesium sulfat dapat memberikan manfaat lebih, seperti membuat otot menjadi rileks, mengurangi rasa nyeri, dan menenangkan sistem saraf tubuh.