Rabu, 26 Februari 2020

GAYA-HIDUP

Mana Yang Tepat, Memotong Atau Mencuci Sayuran Terlebih Dahulu?

news24xx


Ragam sayuran Ragam sayuran

RIAU1.COM - Sebelum dimasak, sayur sebaiknnya dicuci bersih dahulu agar kuman dan kotoran yang menempel pada sayuran dapat larut bersama air cucian. Sayur adalah salah satu sumber serat, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahan makanan ini enggak sulit ditemukan dengan harga relatif murah. Selain itu, pengolahannya pun mudah karena bisa dijadikan beragam masakan.

Baca Juga: Gusi Hitam Bikin Gak PD, Ketahui Penyebabnya

www.jualbuy.com

Sayangnya, kandungan nutrisi dalam sayuran rentan hilang selama proses pengolahan menjadi makanan. Mencuci dan memotong adalah proses awal dalam memasak sayuran. Proses yang kelihatannya sepele inilah yang ternyata menentukan kualitas sayuran selanjutnya.

Beberapa jenis vitamin yang terdapat di dalam sayuran adalah Vitamin B dan C. Tak hanya di dalam sayuran, vitamin tersebut juga terdapat dalam buah, Nah, vitamin tersebut rupanya memiliki karakteristik yang sangat mudah larut dalam air. Memotong sayur-sayuran sebelum mencucinya akan membuat vitamin yang terkandung di dalamnya berkurang atau bahkan hilang karena ikut larut dalam air.

Baca Juga: Jangan Ditahan Lagi, Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Iklan Riau1

Selain mencuci sebelum memotong, untuk menjaga nutrisi yang terkandung di dalam sayuran, sebenarnya ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan.

Saat mencuci sayuran tak perlu lama-lama apalagi sampai direndam begitu lama. Karena, hal tersebut juga bisa menghilangkan nutrisi di dalam sayuran. Memotong sayuran terlalu kecil juga disebut-sebut bisa menghilangkan kandungan nutrisi.

 





Loading...