Mana Yang Lebih Sehat, Telur Ayam atau Telur Puyuh?

Mana Yang Lebih Sehat, Telur Ayam atau Telur Puyuh?

21 Mei 2020
Telur ayam vs telur puyuh

Telur ayam vs telur puyuh

RIAU1.COM - Selain telur ayam, ada jenis telur yang sering dikonsumsi, yaitu telur puyuh. Berbeda dengan jenis telur unggas lainnya, telur puyuh memiliki ukuran yang kecil.

Baik telur ayam dan telur puyuh memiliki rasa yang sama-sama lezat. Namun di antara keduanya, kira-kira mana yang lebih baik untuk kita konsumsi?

Jika dilihat dari fisiknya, telur ayam memiliki ukuran yang lebih besar dari telur puyuh. Telur ayam juga memiliki warna kecokelatan yang bersih. Sedangkan telur puyuh berwarna dasar putih dengan bercak-bercak berwarna hitam.



Setiap 50 gram atau sekitar sebutir telur ayam berukuran besar mengandung enam gram protein dan 78 kalori. Sedangkan, seporsi atau lima butir telur puyuh mengandung enam gram protein dan 71 kalori.

Bila kita makan seporsi telur puyuh, ini artinya kita mendapatkan asupan protein yang sama dengan ketika kita makan sebutir telur ayam. Kandungan kalorinya pun hanya berbeda tujuh kalori sehingga tidak jauh berbeda.

Selain itu, telur juga mengandung lemak dimana setiap seporsi telur puyuh mengandung lima gram lemak tota yang terdiri dari 1,6 gram lemak jenuh. Sementara itu, sebutir telur ayam ukuran besar seberat 50 gram mengandung lima gram lemak total dengan 1,5 gram lemak jenuh.



Meskipun perbedaannya tampak sedikit, kandungan lemak jenuh dalam telur puyuh tetap saja lebih tinggi daripada telur ayam. Hati-hati, lemak jenuh ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Lebih Sehat Telur Ayam atau Telur Puyuh?

Sebenarnya, kedua telur ini sama-sama bermanfaat untuk kesehatan. Namun jika kita lihat dari kandungan lemaknya, telur ayam cenderung lebih sehat daripada telur puyuh. Apalagi bagi orang yang punya kolesterol tinggi, sebaiknya batasi makan telur puyuh.

Selain itu, karena ukurannya kecil, kita mungkin sering tidak sadar ketika makan telur puyuh dalam jumlah yang banyak. Namun, ini bukan berarti kita boleh bebas makan banyak telur ayam sesuka hati.