Rabu, 17 Agustus 2022

GAYA-HIDUP

Baru Pertama Kali Pelesir dengan Pesawat? Simak Tips Penting Ini

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Pesawat adalah salah satu moda transportasi terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan. Sayangnya, tarif pesawat masih cenderung tinggi dibanding alat transportasi lain. Jadi, tidak semua orang bisa menggunakannya.

Apabila Anda baru pertama kali menggunakan pesawat terbang untuk melakukan perjalanan jarak jauh atau ke luar pulau, disarankan untuk menyimak beberapa tips, seperti checkin online Citilink. Dengan checki n secara online,  Anda tidak akan telat ketika melakukan perjalanan.

Selain itu, simak juga beberapa tips lain yang akan dibahas dalam artikel ini secara lengkap.

 

1. Cek Perjalanan Rumah ke Bandara

Cek perjalanan dari rumah ke bandara terlebih dahulu ketika akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Karena lokasi bandara biasanya memang tidak terlalu banyak dan tidak semua kota memilikinya.

Apabila perjalanan yang dilakukan terlalu pagi maka harus berangkat ini hari agar tidak ketinggalan pesawat. Sebaliknya jika perjalanannya malam hari maka sejak sore sudah harus berada di bandara apabila kendaraan umumnya sulit.

Pikirkan hal ini dengan baik agar perjalanan ke bandara tidak mengalami hambatan sama sekali. Anda juga bisa melakukan survei untuk melakukan perjalanan dahulu ke bandara sebelum melakukan perjalanan untuk mengetahui situasinya.

Terkadang perjalanan ke bandara bisa dilakukan dengan lancar karena memiliki banyak kendaraan umum. Namun, ada juga yang tidak lancar karena kendaraan umum nya sedikit beserta area itu sering sekali macet.

 

2. Siapkan Tiket Dahulu

Siapkan dahulu tiket sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Harga tiket pesawat terbang biasanya sedikit sulit untuk didapatkan apalagi saat high season seperti liburan atau akhir pekan.

Untuk menyiapkan tiket pesawat, Anda bisa membelinya terlebih dahulu secara online dengan memanfaatkan booking seperti Traveloka. Setelah melakukan pemesanan bisa langsung dibayar untuk mendapatkan tiket elektronik.

Hindari untuk membeli secara mendadak karena bisa saja harga tiket pesawat itu menjadi cukup tinggi. Karena biasanya jika permintaan tinggi harga tiket pesawat bisa mengalami kenaikan dengan sendirinya.

 

3. Siapkan Semua Persyaratan Terbang

Siapkan semua persyaratan ketika akan terbang mulai dari persyaratan untuk melakukan tes PCR atau sejenisnya. Karena setiap beberapa bulan akan ada aturan yang berbeda-beda dan wajib ditaati.

Hindari untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan atau persyaratan untuk terbang. Salah satunya adalah membawa barang-barang yang bisa menyebabkan kebakaran atau barang-barang yang terlalu menyengat.

Apabila membawa barang-barang yang tidak diizinkan atau tidak menyiapkan berbagai perlengkapan yang diminta. Ada kemungkinan Anda tidak akan bisa terbang dan uang dari pembelian tiket tidak akan kembalikan.

 

4. Check-in Lebih Awal dan Daftarkan Bagasi

Anda bisa check-in lebih awal dengan cara datang lebih pagi ke bandara. Normalnya 2 jam sebelum keberangkatan sudah berada di bandara untuk melakukan check-in dan juga aktivitas lain seperti pendaftaran bagasi dan pengecekan dokumen.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan check-in secara online atau menggunakan website. Usahakan untuk tidak terlalu mepet untuk ke bandara karena jika ada masalah anda akan gagal terbang.

 

5. Jangan Bawa Banyak Barang

Usahakan untuk perjalanan pertama kali jangan membawa banyak sekali barang. Paling tidak membawa satu tas yang bisa dibawa ke dalam ruangan dan satu koper juga sudah cukup.

Karena jika membawa banyak barang dan bagasinya melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan. Akan ada biaya tambahan yang nantinya dikenakan sehingga harga perjalanan menjadi lebih tinggi.

Itulah kenapa disarankan untuk tidak terlalu membawa banyak barang kecuali bersama dengan banyak orang. Mengapa? Karena setiap orang akan memiliki jatah bagasi masing-masing dan bisa dipakai untuk kelebihan bawaan.

 

6. Bawa Pendamping

Bagi beberapa orang melakukan perjalanan secara solo dengan menggunakan pesawat terbang adalah sesuatu yang cukup menyeramkan. Apalagi sistemnya sangat berbeda dengan menggunakan kendaraan lain seperti kereta api ataupun bus.

Apabila baru pertama kali dan merasa was-was ada baiknya membawa pendamping terlebih dahulu. Orang yang akan menemani itu adalah mereka yang sudah sering sekali melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Jadi apabila ada masalah atau hal-hal yang membingungkan bisa langsung diarahkan. Setelah itu, jika Anda sudah mulai terbiasa bisa melakukan perjalanan sendiri dengan menggunakan pesawat ke mana pun bahkan ke luar negeri.

 

7. Tahu Aturan Dasar

Sebenarnya hal terpenting dari melakukan perjalanan pertama kali dengan menggunakan pesawat terbang adalah mengetahui apa saja aturan dasarnya. Terkadang ada hal-hal yang tidak tertulis secara tekstual.

Jadi apabila merasa bingung setelah membaca beberapa aturan yang ada di internet atau di buku. Anda masih bisa bertanya secara langsung pada pihak maskapai atau para petugas terkait dengan beberapa aturan yang mungkin tidak diketahui.

Dengan mengetahui hal itu maka perjalanan untuk pertama kali bisa bebas dari hambatan. Anda bisa melakukan perjalanan dengan nyaman dan juga tetap mematuhi segala aturan yang dimiliki oleh masing-masing maskapai.

 

Melakukan perjalanan wisata untuk pertama kali dengan menggunakan pesawat terbang mungkin akan terlihat menyeramkan bagi beberapa orang. Itulah kenapa persiapan harus dilakukan dengan baik agar tidak terjadi masalah yang tidak perlu.

Lebih lanjut, pastikan untuk selalu memesan pesawat dari maskapai terbaik atau yang memiliki harga cukup terjangkau. Jadi perjalanan bisa lebih nyaman di kantong dan juga bisa lebih nyaman hingga sampai tujuan.





loading...
Loading...