9 Jenis Emas Berdasarkan Warnanya

9 Jenis Emas Berdasarkan Warnanya

6 Mei 2023
Foto: freepik.com

Foto: freepik.com

RIAU1.COM - Salah satu logam mulia yang telah digunakan sebagai bahan perhiasan sejak zaman kuno adalah emas. Selain menjadi simbol kekayaan dan kemewahan, emas juga dianggap memiliki nilai yang stabil dan tahan lama. Walaupun terdapat banyak jenis emas yang berbeda, namun yang paling dikenal dan populer adalah emas kuning.

Selain emas kuning, terdapat juga banyak jenis warna emas lain yang memiliki warna dan karakteristik berbeda-beda. Apa saja warna emas tersebut?

9 Jenis Emas yang Perlu Anda Tahu!

Emas adalah logam mulia yang sangat dihargai oleh banyak orang karena keindahannya serta kemampuannya untuk bertahan lama. Salah satu faktor yang membuat emas sangat menarik adalah warnanya yang unik dan berbeda-beda. Berikut adalah 9 jenis emas berdasarkan warnanya, antara lain:

Emas Kuning

Merupakan satu jenis emas yang paling umum digunakan dalam perhiasan. Munculnya warna kuning tersebut merupakan hasil campuran dari emas murni dengan perak dan tembaga. Kandungan emas murni dalam emas kuning biasanya sekitar 58,3%.

Emas kuning sangat populer karena memberikan tampilan yang klasik dan elegan, serta lebih tahan lama dibandingkan jenis emas lainnya.

Emas Putih

Emas putih terlihat seperti perak, dan biasanya dicampur dengan logam putih lainnya seperti nikel, paladium, atau platina. Warna emas putih berasal dari campuran emas murni dengan logam-logam putih tersebut.

Kandungan emas murni dalam emas putih juga sekitar 58,3%. Emas putih sering digunakan dalam perhiasan modern karena memberikan tampilan yang lebih modern dan terkesan lebih kasual.

Emas Hijau

Adalah emas dengan jenis yang relatif jarang ditemukan dan lebih mahal dari jenis emas lainnya. Warna hijau pada emas berasal dari campuran emas murni dengan perak dan timah. Emas hijau biasanya digunakan dalam perhiasan yang sangat berharga dan sangat terbatas.

Emas Merah

Juga dikenal dengan istilah emas berkarat tinggi, emas merah adalah emas yang paling murni dan memiliki warna yang sangat khas. Emas merah seringkali digunakan dalam perhiasan yang sangat berharga dan mahal seperti cincin pernikahan atau kalung. Kandungan emas murni dalam emas merah adalah 75% atau lebih, dengan sisanya terdiri dari tembaga dan perak.

Emas Jingga

Yaitu jenis emas yang diperoleh dari campuran emas kuning dan tembaga dengan proporsi yang berbeda-beda. Emas jingga memberikan warna keemasan yang lebih hangat daripada emas kuning, dengan sentuhan warna kemerahan yang khas dari campuran tembaga. Emas jingga biasanya digunakan dalam perhiasan dan aksesori yang elegan dan vintage.

Emas Ungu

Emas ungu adalah jenis emas yang memiliki warna ungu yang indah dan juga sangat langka. Warna ungu pada emas berasal dari campuran emas murni dengan campuran oksida logam ungu seperti aluminium dan indium. Emas ungu biasanya digunakan dalam perhiasan dan aksesori yang sangat eksklusif.

Emas abu-abu

Berbeda dengan emas putih meskipun warnanya tampak sama. Emas putih memiliki kilauan yang lebih menyolok, adapun emas abu-abu tidak. Untuk menciptakan warna ini, dibutuhkan campuran antara emas murni, tembaga, dan besi sebagai bahan dasar.

Emas coklat

Perhiasan seperti anting atau kalung seringkali dibuat dari emas cokelat yang memiliki warna yang indah. Untuk menghasilkan warna ini, perlu campuran dari emas murni, paladium, dan perak murni sebagai bahan dasar.

Emas Biru

Emas biru adalah jenis emas yang memiliki warna biru yang indah dan sangat unik. Warna biru pada emas berasal dari campuran emas murni dengan campuran oksida logam biru seperti kobalt atau timbal. Emas biru digunakan dalam perhiasan dan aksesoris untuk memberikan tampilan yang unik dan menarik.

Saat memilih jenis dan warna emas untuk perhiasan, Anda perlu mempertimbangkan karakteristik dan keunikan dari masing-masing jenis. Warna emas yang berbeda dapat memberikan tampilan unik dan menarik seperti yang bisa Anda temukan di Toko Mas Jawa yang ada di Blibli.com

Blibli adalah marketplace ternama di Indonesia yang  berkomitmen tinggi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik.

Jadi Anda tidak perlu bingung lagi membeli emas dengan antre di pasar. Karena di Blibli sudah tersedia. Anda tinggal pilih jenis emas yang tepat, yang memberikan sentuhan personal dan memperkuat gaya pribadi sesuai yang Anda inginkan. Setelahnya, silakan lakukan transaksi secara online. Maka, barang yang Anda pesan siap diantar ke rumah.

Nggak ribet kan belanja di Blibli? Praktis, cepat dan aman. Tunggu apalagi?