Lima Terduga Teroris Jaringan JAD Wilayah Riau Diringkus Densus 88 di Pekanbaru

Lima Terduga Teroris Jaringan JAD Wilayah Riau Diringkus Densus 88 di Pekanbaru

28 Juli 2018
Ilustrasi petugas Kepolisian melakukan pengamanan.

Ilustrasi petugas Kepolisian melakukan pengamanan.

Riau1.com - Lima orang terduga teroris jaringan JAD Wilayah Riau, diringkus Tim Densus 88 Anti Teror dibantu Polda Riau berhasil  diringkus di sejumlah tempat di Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat, 27 Juli 2018 kemarin.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Nandang saat dihubungi membenarkan adanya penindakan terhadap 5 terduga teroris.

"Benar, kemarin tim Densus mengamankan terduga teroris, saat ini masih dilakukan pengembangan," kata Nandang, Sabtu, 28 Juli 2018 siang.

Berdasarkan informasi yang diterima, kelima terduga teroris yang diamankan yaitu, pertama RH alias Abdullah alias Yusuf, diamankan di Jalan Kesehatan, Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

Keterlibatan RH ini,dia termasuk kelompok Abdurahman dan Abu Rafiq yang ditangkap di Sumatra Selatan. Ia juga diduga ikut mengatur strategi dalam perencanaan keberangkatan ke Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Lalu, terduga teroris berinisial MPA alias Boy diamankan Densus 88 di Jalan Gajus Kecamatan Sukajadi, ia terlibat dengan dua rekan lainnya berangkat Jakarta saat adanya penyerangan di Mako Brimob.

Terduga teroris yang ketiga diamankan berinisial N, diamankan saat di tempat penjualan sapi dan kambing di Jalan Hang Tuah, Kelurahan Sail Kecamatan Lima Puluh Kota, Pekanbaru.

Terduga merupakan Kelompok JAD wilayah Kota Pekanbaru Prov. Riau, ia bertugas mengajak, membujuk dan memerintahkan para ikhwan-ikhwan JAD Pekanbaru untuk berjihad, pasca kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua. Namun, terduga N tidak ikut berangkat ke Jakarta.

Kemudian terduga yang keempat, merupakan DPO yang diduga sebagai donatur yang membiayai keberangkatan ikhwan-ikhwan ke Jakarta, berinisial AHD alias Opung.

AHD diamankan saat ia berada di parkiran PT. PLN Rayon Simpang Tiga Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai.

Lalu yang terakhir, terduga teroris berinisial R, Diamankan di jalan Daru-Daru III, Kelurahan Pematang Kapau Kecamatan Tenayan Raya. Ia juga turut berangkat ke Jakarta.

Untuk saat ini para tersangka  diamankan di Mako Brimob Polda Riau untuk pengembangan lebih lanjut.

 

R1/Hee /amri