Rabu, 11 Desember 2019

INDRAGIRI-HILIR

Cerita Suku Duanu, Suku Laut di Kabupaten Inhil

news24xx


Kegiatan Menongkah di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah Inhil Kegiatan Menongkah di Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah Inhil

RIAU1.COM - Suku Duanu merupakan salah satu suku laut yang mendiami daerah pesisir Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan tersebar di beberapa daerah hingga sampai ke Provinsi Kepulauan Riau.

Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah merupakan satu tempat bermukim masyarakat Suku Duanu yang memiliki tradisi unik dan bertahan hingga kini, yaitu Menongkah kerang.

Pemandangan menongkah kerang ini hanya ditemukan di perkampungan Suku Duanu yang juga bermukim di beberapa kecamatan di Indragiri Hilir seperti Kecamatan Tanah Merah dan Kecamatan Concong.

Baca Juga: BC Tembilahan Sita 4,4 Juta Batang Rokok Ilegal

www.jualbuy.com

Suku Duanu menggunakan alat tongkah sebagai alat bantu yang tergolong unik yang digunakan untuk mencari jenis kerang darah. Menurut cerita Kepala Suku Duanu, Sarpan Firmansyah, keberadaan Suku Duanu sejalan dengan adanya Kerajaan Indragiri yang diperkirakan berdiri tahun 1298 silam.

"Desa Tanjung Pasir awalnya terletak di seberang Desa Tanjung Baru yang kaya akan pasirnya. Masyarakat dulu banyak yang mengambil pasir disana, tapi mulai berkurang dan perlahan-lahan bergeser ke tempat ini, nama Tanjung Pasir sendiri kami bawa untuk dijadikan nama desa ini," ungkap Kepala Suku.

Ditambahkannya, mata pencaharian utama masyarakat Suku Duanu sebagai nelayan yang mencari kerang dan hasil laut lainnya.

Baca Juga: Puluhan Pemuda Ikuti Pembinaan Tajaan Disparporabud Inhil

Iklan Riau1

"Suku Duanu sangat berani dalam menghadapi alam, menongkah kerang siang-malam tanpa kenal takut. Cara menangkap kerang perlu ketangkasan penuh dengan nilai budaya dan ekonomi," tambahnya.

Dirinya berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, dapat terus membuat program-program yang langsung menyentuh manfaatnya untuk masyarakat suku Duanu dan warga Desa Tanjung Pasir.

"Semoga kedepan dapat lebih berkontribusi terutama untuk pembangunan permukiman Suku Duanu sehingga menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.





Loading...