Rabu, 08 Juli 2020

INDRAGIRI-HILIR

726 Calon Jamaah Haji dari Inhil Dipastikan Batal Berangkat ke Tanah Suci

news24xx


Kasi Haji, Kemenag Inhil, H. Guspiandi Kasi Haji, Kemenag Inhil, H. Guspiandi

RIAU1.COM -Sebanyak 726 orang Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau dipastikan batal berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji ditahun 2020.

Hal tersebut setelah Pemerintah RI melalui Kementerian Agama secara resmi telah membatalkan proses keberangkatan haji untuk tahun 2020 masehi atau 1441 Hijriyah.

Informasi ini dibenarkan Kepala Kemenag Kabupaten Inhil, H. Harun melalui Kasi Haji, H. Guspiandi yang mengatakan jika sampai tanggal 1 Juni pihak pemerintah Arab Saudi memang belum memberikan keputusan terkait ibadah haji tahun 2020.

Baca Juga: Alhamdulillah, 4 Pasien Positif Covid-19 di RS Raja Musa Sembuh, Kini Tersisa 1 Pasien

www.jualbuy.com

"Indonesia sudah mempersiapkan segala sesuatunya, makanya sampai pelunasan ongkos sudah dilakukan supaya saat Arab Saudi bilang oke maka kita sudah siap. Tapi kita bukan memberangkatkan 10 atau 20 jamaah namun ratusan ribu orang dan waktunya tidak bisa mepet seperti itu," ungkap H. Guspiandi, Selasa 2 Juni 2020.

Dijelaskannya, sebanyak 726 CJH Kabupaten Inhil yang sudah melunasi biaya haji dan siap diberangkatkan pada tahun ini hanya menunggu jadwal manasik haji namun gagal berangkat.

"Menurut Keputusan Menteri Agama (KMA), untuk CJH yang sudah melunasi dan tidak mau mengambil uangnya maka nantinya akan ada nilai manfaat bagi mereka dan akan dapat diambil 30 hari sebelum keberangkatan pada tahun 2021 mendatang," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Subuh, Kos-Kosan di Inhil Ludes Terbakar

Ditambahkannya, namun jika ada CJH yang ingin mengambil uangnya juga dipersilahkan mengurus dengan proses dan teknis yang sudah disiapkan.

"Bagi CJH yang tidak berangkat tahun ini dimohon bersabar, kita lebih mementingkan keselamatan jiwa daripada melaksanakan ibadah haji," tambahnya.

Pihak Kemenag Inhil tetap meminta jamaah agar mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan karena memang jamaah haji yang sudah terdaftar banyak yang berusia 50 tahun keatas. (Fahrin)





loading...
Loading...