Minggu, 29 November 2020

INDRAGIRI-HILIR

Diskominfops Inhil Rancang Antrian Online Pelayanan Kesehatan

news24xx


Pelaksana Tugas Kepala Diskominfops Inhil, Trio Beni Putra Pelaksana Tugas Kepala Diskominfops Inhil, Trio Beni Putra

RIAU1.COM - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memprakarsai sistem antrean online dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas.

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfops Inhil, Trio Beni Putra mengatakan, saat ini pihaknya tengah merancang sistem tersebut agar dapat segera dioperasikan.

"Insya Allah, 1 bulan lagi sistem antrean online bagi calon pasien yang akan berobat, baik di rumah sakit dan Puskesmas ini akan dapat diterapkan," kata Trio kepada wartawan, Jumat 23 Oktober 2020 lalu.

Baca Juga: Bupati Inhil Serahkan Kredit Usaha Untuk UMKM di Kecamatan Kempas



www.jualbuy.com

Trio mengungkapkan, ide perancangan sistem antrean online ini muncul, salah satunya dilatarbelakangi oleh kekhawatiran akan terjadinya penumpukan calon pasien yang akan melakukan check up ataupun berobat.

"Kerumunan akan memperbesar potensi penyebaran Covid-19. Maka itu, kami mencari cara agar hal tersebut tidak terjadi, yakni dengan membuat sistem antrean online," kata Trio yang juga merupakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil.

Trio menjelaskan, dengan menggunakan sistem antrean online, calon pasien tidak akan menunggu lama giliran untuk berobat karena di dalam sistem itu nanti, calon pasien dapat melihat langsung melalui HP mereka, kapan waktunya mereka harus datang ke rumah sakit atau Puskesmas.

Baca Juga: Kepala BC Tembilahan: Cukai Rokok Untuk Pembangunan, Pendidikan dan Dana Desa

"Calon pasien daftar dulu. Nanti akan muncul urutan tunggu mereka dan jam berapa mereka harus berada di rumah sakit atau Puskesmas. Jadi, tidak usah ngantre lama-lama," papar Trio.

Menurut Trio, rencana penerapan sistem antrean online ini telah dikoordinasikan dengan pihak rumah sakit dan Puskesmas serta instansi terkait.

"Kalau gagasan ini berhasil. Tidak hanya dapat memudahkan masyarakat untuk berobat, namun juga dapat mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan Covid-19, yakni physical distancing atau jaga jarak," pungkas Trio.





loading...
Loading...