Bupati Inhil Minta Setiap Instansi Anggarkan Dana Pengelolaan Arsip Penanganan Covid 19

Bupati Inhil Minta Setiap Instansi Anggarkan Dana Pengelolaan Arsip Penanganan Covid 19

5 Desember 2020
Asisten 1 Setdakab Inhil bersama Kepala DPAD Inhil

Asisten 1 Setdakab Inhil bersama Kepala DPAD Inhil

RIAU1.COM - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Inhil menggelar sosialisasi pengelolaan arsip terkait penanganan Covid-19, Kamis 3 Desember 2020 lalu di ruang media center Diskominfo Inhil.

Sosialisasi tersebut dilakukan secara virtual dengan dihadiri seluruh instansi dan OPD yang ada di Kabupaten Inhil serta seluruh kecamatan hingga desa dan kelurahan.

Bupati Inhil yang diwakili oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Desa Sekdakab Inhil, H. Tantawi Jauhari menyampaikan jika arsip penanganan Covid 19 akan menjadi referensi penanganan wabah di masa yang akan datang jika seandainya terjadi lagi kejadian serupa.

"Penanganan Covid 19 perlu diarsipkan secara digitalisasi, jangan sampai kita kehilangan memori penting dalam sejarah hidup manusia ini," ungkap Tantawi membacakan sambutan Bupati Inhil.

Ditambahkannya, pentingnya pengelolaan arsip dengan baik karena akan digunakan sebagai bukti otentik pelaksanaan pemerintahan baik di pusat maupun daerah dalam penanganan Covid 19.

"Diharapkan seluruh OPD dan Lembaga untuk menganggarkan dana penyelamatan arsip penanganan Covid 19," tambahnya.

Sementara itu, Kepala DPAD Inhil, H. Yulizal berharap agar seluruh pihak terkait dapat melakukan penyelamatan arsip penanganan Covid 19 secara optimal sebagai bukti akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

"Dapat dijadikan sebagai memori bangsa untuk konteks kedepannya. Dua tahun setelah selesainya Pandemi ini maka akan dilaporkan ke lembaga arsip nasional," kata Yulizal.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan diskusi antara seluruh peserta dengan narasumber yaitu Kepala DPAD Provinsi Riau, Dr. Hj. Rahima Erna.