Idris Laena Buka Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Inhil

Idris Laena Buka Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Inhil

19 Juni 2021
Idris Laena Buka Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Inhil

Idris Laena Buka Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Inhil

RIAU1.COM -Anggota DPR RI Idris Leana membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru (WUB) Industri Kecil dan menengah (IKM) di Hotel Top 5 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) atau Tembilahan yang berlangsung selama empat hari mulai tanggal 18 - 21 Juni 2021.

Kegiatan ini diikuti beberapa IKM diantaranya IKM Konveksi berjumlah 20 orang, Perbengkelan Roda Dua 20 orang dan fasilitasi Mesin/Peralatan IKM Olahan Pangan Berbasis Sagu berjumlah 1 Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Idris mengatakan program ini dilakukan karna program rutin tahunan yang selalu di laksanakan di daerah pemilihannya. Yang kali ini menyasar kepada para pelaku IKM di wilayah Inhil yang notabene merupakan kampung halamannya. 

"Saya berharap dengan adanya program pelatihan bimtek dan bantuan sarana fasilitas alat ini bisa menjadi satu penguatan tersendiri bagi para pelaku usaha di tengah pandemi covid 19 ini khususnya diwilayah Inhil,"katanya. Jumat 18 Juni 2021.

Dilaksanakan Bimtek ini katanya lagi juga tidak lain untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri konveksi perbengkelan roda dua dan olahan pangan berbasis sagu di Provinsi Riau.

"Harapannya dari pelaksanaan ini dapat terciptanya wirausaha yang kompeten dan mampu memanfaatkan peluang pengembangan usaha sampai dengan produk akhir,"jelas Idris. Jumat 18 Juni 2021.

Karna IKM ini terangnya mempunyai peranan yang strategis dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan nasional pada umumnya dan tujuan pembangunan ekonomi pada khususnya.

"IKM ini juga telah terbukti mampu diandalkan untuk mendukung ketahanan ekonomi, namun dalam perkembangannya IKM masih menghadapi berbagai persoalan yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak,"ujarnya. 

Idris menjelaskan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2020, target penciptaan wirausaha baru sebanyak 20.000, dalam mengejar sasaran tersebut, Kemenperin telah melaksanakan program pelatihan, pemberian startup capital, kepada calon wirausaha baru.

"Jadi kegiatan Bimtek WUB IKM di Inhil ini merupakan kegiatan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah yang ada di sana. Dimana teknologi dan pengembangan dalam bidang target Industri kecil, mengingat di Inhil merupakan salah satu daerah di Provinsi di Sumatera yang memiliki potensi sumber daya manusia yang cukup banyak berwirausaha,"jelasnya.

Maka dari itu dengan kegiatan Bimtek WUB IKM Konveksi dan IKM Perbengkelan Roda Dua serta Fasilitasi Mesin/Peralatan IKM Olahan Pangan Berbasis Sagu di Riau dimaksudkan dapat menumbuhkan wirausaha baru di Kabupaten Indragiri Hilir. Dan partisipasi semua pihak sangat diperlukan untuk mendukung penumbuh dan pengembangan Wirausaha Industri.

"Selain itu dibutuhkan juga perhatian yang serius serta campur tangan Pemerintah Daerah untuk menyelesaikan permasalahan dan tantangan, sehingga nantinya diharapkan dengan tumbuh dan berkembangnya wirausaha Industri akan dapat memberikan kontribusi dan untuk dapat berkembang lebih maju dan lebih baik lagi bagi perekonomian di daerah khusus di Kab. Indragiri Hilir,"tutupnya.