Rabu, 05 Oktober 2022

INDRAGIRI-HILIR

Puluhan RT/RW di Inhil Dapat Bimtek Peningkatan Kapasitas

news24xx


Peserta Bimtek Peserta Bimtek

RIAU1.COM - Bagian dari menguat sinergitas antara Pemerintah Desa dan RT/RW, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas RT/RW, Rabu (03/08/2022).

Baca Juga: Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 di Inhil, Kapolres: Personel Harus Utamakan Preventif

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj. Zulaikhah Wardan.

Pembukaan Bimtek ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis. Bimtek yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 03-04 Agustus ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari 19 Kecamatan.

Hj.Zulaikhahengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas RT dan RW ini merupakan salah satu upaya memperkuat tugas fungsi para ketua RT/RW sebagai unit organisasi "akar rumput" yang paling dekat dengan masyarakat.

"Bimbingan teknis ini dilaksanakan karena adanya peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa, dan lembaga adat desa, sehingga bisa mendudukkan dan mendayagunakan fungsi RT/RW," kata dia.

Dia juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai evaluasi bagi para ketua RT/RW untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintahan desa, dengan tujuan agar ketua RT dan RW tahu tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Kemitraan Perusahaan Kelapa Sawit di Inhil dengan Koperasi, HM Wardan tak Ingin Ada Konflik

"Para ketua RT dan RW agar mengaktifkan Posyandu dan mendata warganya yang mempunyai Balita agar dibawa ke Posyandu untuk mencegah dampak stunting, serta mendata warganya untuk mendonorkan darahnya," ujar dia.*





loading...
Loading...