Alasannya Agar Jumlah Konsumen Meningkat, Pedagang Pasar di Inhil Diberi Pelatihan

Alasannya Agar Jumlah Konsumen Meningkat, Pedagang Pasar di Inhil Diberi Pelatihan

8 Desember 2022
Saat pelatihan berlangsung

Saat pelatihan berlangsung

RIAU1.COM - Staf Ahli Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs Masdar membuka pelatihan peningkatan kapasitas pedagang pasar dalam mewujudkan pasar ramah, bersih dan terpercaya, Rabu (7/12).

Pelatihan ini disebut sebagai upaya menaikkan jumlah kunjungan konsumen pasar, sehingga tercapai peningkatan pendapatan pedagang dalam rangka pemulihan ekonomi tahun 2022.

Pelatihan ini dilaksanakan bertujuan agar terwujudnya pasar yang sehat, bersih aman, nyaman dan ramah melalui komunitas pasar.

Peserta pelatihan berjumlah 40 orang terdiri dari pedagang dan pengelola pasar rakyat se-kabupaten Indragiri Hilir, yang diambil dari perwakilan pasar kecamatan. Pelatihan dilakukan selama 3 hari, dari tanggal 7-9 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Bupati Indragiri Hilir yang dibacakan staf ahli Bupati Indragiri Hilir Drs. H. Masdar, mengatakan pada pelatihan ini Disdagtri juga akan menyampaikan standar operational prosedur (SOP) dalam pengelolaan pasar antara lain soal kebersihan, keamanan serta tata kelola dan manajemen pasar rakyat guna menciptakan pasar yang ramah, bersih dan terpercaya.

"Jika pasar rakyat sudah mencapai kondisi tersebut maka pedagang akan lebih nyaman dalam memberikan pelayanan kepada konsumen yang datang ke pasar rakyat, dengan demikian akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan konsumen sehingga akan tercapai peningkatan pendapatan pedagang dalam rangka pemulihan perekonomian daerah," sebut dia menjelaskan.*