Banjir Rob di Inhil, Ini Salah Satu Penyebabnya Menurut HM Wardan

Banjir Rob di Inhil, Ini Salah Satu Penyebabnya Menurut HM Wardan

31 Januari 2023
Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan

Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan

RIAU1.COM - Seluruh masyarakat kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diingatkan Bupati HM Wardan agar tidak lagi membuat sampah plastik atau bekas rumahan dan warung makan ke sungai atau selokan.

Hal tersebut disampaikan HM Wardan mengingat Inhil memiliki musim banjir rob di setiap tahunnya, dan baru-baru ini terjadi banjir rob yang debit airnya melebihi tahun dahulu dan menenggelamkan jalanan dan rumah-rumah warga.

Hal ini terjadi selain akibat debit air yang naik tentu juga karena saluran irigasi air baik itu sungai dan selokan yang dangkal akibat tumpukan sampah.

"Kalo kebiasaan ini tidak kita rubah, saluran irigasi kita akan dangkal dan jika air pasang maka jalan dan rumah akan tenggelam dan ini tentu menyusahkan kita dalam beraktivitas," kata Bupati.

Pemerintah kabupaten Inhil melalui dinas PUTR sebut HM Wardan membentuk pasukan juang, dan terus aktif membersihkan saluran irigasi yang berada di seluruh kota Tembilahan agar memperlancar aliran air sehingga tidak menyebabkan Banjir

"Petugas terus aktif membersihkan saluran air dan untuk itu kita berharap agar masyarakat dapat mendukung ini dengan tidak lagi membuang sampahnya ke selokan atau sungai, kita punya petugas yang mengangkut sampah setiap hari nya di lokasi yang sudah di tentukan dan kita tinggal letak saja sampah di sana," tambah Bupati.

"Jadi ayo bersama kita sadar akan pentingnya kebersihan agar kita semua terhindar dari berbagai macam bencana yang salah satu nya ialah banjir yang terus kita rasakan setiap tahun nya, jika saluran air kita bersih dan air sungai ataupun hujan dapat mengalir lancar ke sungai besar insyaallah kita tidak akan merasakan banjir yang merendam rumah rumah lagi," papar HM Wardan.*