Berharap Jadi Lumbung Padi di Riau, Wabup Inhil Minta Dukungan BSIP

Berharap Jadi Lumbung Padi di Riau, Wabup Inhil Minta Dukungan BSIP

13 Oktober 2023
Rombongan Wabup Inhil, Syamsuddin Uti di BIIP Kementerian Pertanian

Rombongan Wabup Inhil, Syamsuddin Uti di BIIP Kementerian Pertanian

RIAU1.COM - Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.Syamsuddin Uti menemui Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, untuk meminta dukungan meningkatkan mutu produk hasil pertanian.
 
Rombongan Wabup Inhil disambut langsung Kepala BSIP Prof. Fadjry Djufry, yang turut didampingi Kepala Pusat Penerapan Standarisasi Instrumen (Kapus PSI) Perkebunan, Kapus PSI Tanaman Pangan, Kepala BSIP Riau serta jajaran BSIP lainnya.

Wakil Bupati H.Syamsuddin Uti dalam sambutannya menjelaskan bahwa kedatangannya untuk minta dukungan dalam bidang pertanian, dimana Kabupaten Indragiri Hilir merupakan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau yang memiliki luas sawah terluas sebesar 17.628,12 hektare atau 30 persen luas sawah yang ada di Provinsi Riau yang mencapai 62.689,36 hektare, yang di harapkan menjadi lumbung padi di Riau.

"Dengan luas sawah yang kita miliki ini, kita perlu dukungan dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementan RI melalui BSIP ini," kata H.Syamsudin Uti

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil, Djunaidi Ismail yang ikut mendampingi menambahkan, Kabupaten Indragiri Hilir selaian memiliki lahan pertanian yang luas, juga memiliki potensi dibidang Perkebunan.

“Inhil terkenal sebagai negeri hamparan kelapa dunia dengan luas lahan kelapa terbesar di Indonesia 401.239 hektare atau 12 persen dari total perkebunan kelapa di Indonesia,” ujarnya.

Kepala BSIP Prof Fadjry Djufry mengatakan, sangat menyambut baik kedatangan Pemkab Inhil. 

"Semoga apa yang diharapkan dapat terwujud sehingga potensi pertanian maupun perkebunan yang dimiliki Inhil bisa kita kembangkan," tutur dia.*