Bupati Inhil Bertekad Kasus Stunting Tuntas di 2024

Bupati Inhil Bertekad Kasus Stunting Tuntas di 2024

5 November 2022
Bupati HM Wardan buka pelatihan pencegahan stunting

Bupati HM Wardan buka pelatihan pencegahan stunting

RIAU1.COM - Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Kabupaten Inhil di Rumah Singgah Galibu Jl. H. Saleh Kelurahan Benteng Kecamatan Sungai Batang akhir ini dibuka Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM. Wardan.

Kegiatan ini ditaja oleh BKAD Kelurahan Benteng Kecamatan Sungai Batang ini berlangsung selama 1 hari, diikuti sebanyak 21 orang peserta yang berasal dari TP PKK Desa dan Kelurahan, Muslimat NU, UPT Puskesmas Kelurahan Benteng, Kader Posyandu, serta ditambah 20 orang Siswi SMA/Sederajat.

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak akibat kekurangan asupan nutrisi, salah satu penyebabnya adalah makanan yang ia konsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai usia anak. Pada umumnya, stunting terjadi pada balita khususnya usia 1-3 tahun. Pada rentang usia tersebut, ibu sudah bisa melihat apakah anak terkena stunting atau tidak.

HM. Wardan dalam sambutannya berpesan khususnya kepada peserta pelatihan penanggulangan stunting wajib untuk mengikuti pelatihan ini, karena ini stunting ini sangat-sangat bahaya sekali sehingga Presiden menginstruksikan kepada kementerian lembaga pimpinan-pimpinan daerah mulai dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa serta Kelurahan untuk melaksanakan pencegahan penanggulangan masalah stunting.

"Stunting adalah kondisi gagal tumbuh atau gagalnya kondisi tumbuh anak balita di bawah 5 tahun yang diakibatkan oleh kekurangan gizi secara kronis yang diakibatkan oleh kekurangan gizi dalam waktu lama," sebut HM Wardan.*