Inhil akan Miliki Sentra Holtikultura di Lahan Seluas 110 Hektare

Inhil akan Miliki Sentra Holtikultura di Lahan Seluas 110 Hektare

12 Mei 2024
Pj Bupati Inhil tinjau rencana lahan Sentra Holtikultura

Pj Bupati Inhil tinjau rencana lahan Sentra Holtikultura

RIAU1.COM - Akhir pekan ini Pj Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Herman meninjau rencana lahan Sentra Holtikultura di Kecamatan Batang Tuaka.

Untuk diketahui, lokasi seluas 110 hektare ini yang rencananya akan dijadikan pusat Sentra Holtikultura berlokasi di Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka, tepatnya di Sungai Cakah yang akan dikelola petani yang tergabung dalam 3 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Batang Tuaka.

Budidaya tanaman hortikultura tidak hanya bermanfaat untuk kebutuhan konsumsi pribadi, tetapi juga menjadi sumber penghidupan bagi banyak petani dan pelaku usaha.

Peningkatan produksi dan distribusi tanaman hortikultura dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal dan nasional. Dengan memperluas pasar untuk produk-produk hortikultura, ekonomi lokal dapat tumbuh, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kedepan kita mempunyai rencana bangun lokasi sentra tanaman holtikultura. Diharapkan dengan adanya Sentra Holtikultura ini bisa menjadi sumber penghidupan bagi petani begitu juga dengan pelaku usaha," kata Pj Bupati Herman pada peninjauan ini yang didampingi Camat dan Kepala Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka.

"Untuk itu, kepada Camat dan seluruh pihak yang terlibat pada pelaksanaan Sentra Holtikultura ini diharapkan benar-benar direncanakan pengelolaannya, sehingga betul-betul manfaatnya bisa kita rasakan bersama," ujar Pj Bupati Herman.*