Bupati Inhu Secara Resmi Membuka Simulasi Pilkades Serentak

Bupati Inhu Secara Resmi Membuka Simulasi Pilkades Serentak

29 Juli 2021
Bupati Inhu Secara Resmi Membuka Simulasi Pilkades Serentak

Bupati Inhu Secara Resmi Membuka Simulasi Pilkades Serentak

RIAU1.COM -Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi secara resmi membuka simulasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 di Aula Kantor Desa Seresam, Kecamatan Seberida, Kabupaten Inhu, Riau, Kamis 29 Juli 2021.

Dalam simulasi itu, Bupati Rezita menyaksikan proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara.

Dalam sambutannya, Bupati perempuan termuda di Indonesia itu mengingatkan kepada Calon Kepala Desa (Cakades) dan juga masyarakat untuk menjaga proses Demokrasi yang berjalan selama pelaksanaan Pilkades serentak.
"Mari jadikan ini proses yang jujur, saya meminta kepada seluruh Cakades dan masyarakat nantinya bersikap profesional untuk proses demokrasi yang berkomitmen," pesan Rezita.

Dirinya menegaskan agar seluruh komponen bertindak sesuai aturan. "Jangan ada yang menguntungkan atau merugikan salah satu calon," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Riswidiantoro yang hadir pada kesempatan itu menjelaskan bahwa simulasi yang digelar ini merupakan satu langkah terakhir dalam tahapan persiapan jelang Pilkades serentak.

Dijelaskannya, bahwa pada tahun ini terdapat 64 desa diwilayah Kabupaten Inhu, Riau yang akan menggelar Pilkades serentak.
"61 desa sudah melakukan penetapan calon kepala desa dan pencabutan nomor urut," jelasnya.

Untuk tiga desa lainnya, sambungnya, masih harus mempersiapkan ujian tertulis untuk proses seleksi Calon Kepala Desa (Cakades).

Ujian tertulis tersebut dilakukan oleh panitia kabupaten bersama dengan tim ahli dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE I) Rengat dan diawasi oleh Inspektorat Kabupaten Inhu.

Tiga desa yang masih mengikuti ujian tertulis, yakni Desa Pasir Ringgit Kecamatan Lirik, Desa Sungai Akar Kecamatan Batang Gansal dan Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap.

"Sejumlah tahapan persiapan sudah dilakukan, salah satunya adalah simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pilkades serentak yang baru digelar hari ini," terangnya.