Abutment Jembatan Teluk Sungkai Indragiri Hulu Abrasi

Abutment Jembatan Teluk Sungkai Indragiri Hulu Abrasi

18 Maret 2024
Abrasi di  Jembatan Teluk Sungkai

Abrasi di Jembatan Teluk Sungkai

RIAU1.COM - Terjadi abrasi pada Abutment Jembatan Teluk Sungkai, Ruas Jalan Rengat Kuala Cenaku Kuala, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) , pada Sabtu (16/3). Jembatan ini termasuk  penghubung Kabupaten Inhu dengan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

Merespons hal tersebut, Penjabat Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto memberi Instruksi kepada Uniit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) untuk turun ke lokasi. 

"Laporan yang saya terima hingga saat ini tim dari UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV masih bekerja melakukan penanganan ujar," kata Pj Gubri. 

Sementara, Kepala UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Ludfi Hardi, Ahad (17/3) malam, mengatakan bahwa pihaknya mendapat laporan adanya jalan amblas dan longsor di Jembatan Teluk Sungkai, Kuala Cenaku.

Diungkapkan dia, Tim UPTJJ wilayah IV telah turun langsung mengawasi perbaikan jembatan di lokasi tersebut. Bahkan sebelum melakukan perbaikan, pihaknya telah memasang rambu-rambu agar pengguna jalan yang melintas berhati-hati, perbaikan juga dibantu oleh pihak swasta dari PT. Naga Mas yang merupakan perusahaan setempat.

"Setelah mendapat laporan adanya Abutment jembatan yang amblas yang longsor di Kuala Cenaku tepatnya di Jembatan Teluk Sungkai, saya minta agar dipasang rambu-rambu sebelum dilakukan perbaikan. Ini supaya pengendara yang melintas bisa berhati-hati," sebut Ludfi Hardi. 

"Untuk saat ini kita sudah melakukan penanganan sementara dengan menggunakan sand bag dan kayu cerucuk. Kalau tidak ada kendala kita targetkan bisa selesai hari ini perbaikan agar jalan tersebut dapat fungsional dengan baik," imbuh Ludfi.*