Gubri Mengaku akan Panggil Perusahaan Batu Bara Penyebab Kerusakan Jalan Indragiri Hulu

Gubri Mengaku akan Panggil Perusahaan Batu Bara Penyebab Kerusakan Jalan Indragiri Hulu

11 April 2023
Gubernur Riau, Syamsuar kunker di Indragiri Hulu

Gubernur Riau, Syamsuar kunker di Indragiri Hulu

RIAU1.COM - Pekerjaan perbaikan jalan lintas Rengat - Tembilahan, tepatnya di Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ditinjau Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar. 

"Perbaikan terus dikebut. Minimal nanti sudah fungsional saat lebaran," kata Gubri, Senin (10/4/2023).

Selama peninjuan, kerusakan yang banyak terdapat rusak parah di jalan lintas ini, akibat lalintas truk besar. Salah satunya angkutan batu bara. Muatannya yang mencapai 30 ton perangkut, sangat tak sebanding dengan kekuatan badan jalan.

Karena itu, sebut dia, harus ada solusi kongkret dan permanen. Baik soal jalur angkutan hingga kontribusi bagi daerah.

"Jangan sampai kita cuma kebagian jalan rusak. Nanti kita panggil, harus ada solusi penyelesaiannya," ungkap Syamsuar.  

Sementara Kabid Bina Marga Fauzan menjelaskan, perihal perbaikan jalan lintas ini sudah dimulai 6 Maret lalu. Panjang total perbaikan 3,3 kilo meter yang tersebar di 10 titik.

"Kerusakan jalan yang semuanya kategori rusak parah, akibat banyaknya truk bermuatan besar melewati jalan ini, seperti sawit dan batu bara," ujar dia.

"Ditargetkan, jalan ini sudah dalam kondisi fungsional sebelum Idul Fitri nanti. Karena itu menurut Fauzan lagi, pengawasan perbaikan jalan baik sifatnya fungsional menjelang lebaran nanti atau pun perbaikan dengan melakukan pengangaspalan harus dilakukan seoptimal mungkin," tukasnya.*