Sabtu, 07 Desember 2019

INTERNASIONAL

Menghitung Kerusakan Parah Gempuran Jepang Ke Pearl Harbour 1941

news24xx


Gempuran tentara Jepang ke Pangkalan Militer AS Pearl Harbour (Foto: Istimewa/internet) Gempuran tentara Jepang ke Pangkalan Militer AS Pearl Harbour (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Gempuran tentara Jepang ke Pangkalan Militer AS Pearl Harbour pada 7 Desember 1941 sempat membuat geger negeri Paman Sam.

Terbukti serangan itu memicu keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II yang kemudian membuat AS dan Sekutu menjatuhkan bom atom kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945 hingga akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat.
Baca Juga: Jepang Serang Pearl Harbor, Peristiwa Yang Merubah Wajah Dunia

www.jualbuy.com
Seragan tentara Jepang ke Pearl Harbour itu melibatkan 353 pesawat tempur, pesawat pembom, dan pesawat torpedo dari AL Jepang dalam 2 gelombang serangan yang diberangkatkan dari 6 kapal induk AL Jepang.

Gempuran itu mengakibatkan 8 kapal tempur (battleship) AS mengalami kerusakan parah 4 di antaranya karam.

Seluruh kapal tempur tersebut selain USS Arizona kemudian diangkat dan diperbaiki. Dan 6 di antaranya dapat berdinas kembali dan diturunkan di sejumlah pertempuran dalam Perang Dunia II.
Baca Juga: Alasan Pohon Cemara Identik Dengan Perayaan Natal

Iklan Riau1
Serangan itu juga merusak 3 kapal penjelajah, 3 kapal perusak, 1 kapal latih anti pesawat udara, dan 1 kapal penyebar ranjau. 188 pesawat terbang rusak dan korban jiwa sebanyak 2.403 orang meninggal dan 1.178 lainnya luka-luka.





Loading...