Sabtu, 28 Mei 2022

INTERNASIONAL

Sejarah Hari Ini: Penerapan Kursi Lontar Pada Pesawat Terbang

news24xx


Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet] Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Tepat pada hari ini atau tahun 1942 kursi lontar yang ada pada pesawat terbang diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Nama Anwar Ibrahim Sahabat Bj Habibie Mencuat Sebagai Kandidat Perdana Menteri Malaysia Gantikan Muhyiddin



www.jualbuy.com

Penerapannya dinikmati secara perdana oleh bangsa Jerman yaitu pada pesawat tempur Heinkel He 280, dinukil dari solopos.com, Senin, 13 Januari 2020.

Kursi lontar sendiri merupakan perlengkapan dalam kokpit pesawat sebagai wahana penyelamat bagi penerbang ketika pesawat mengalami kerusakan baik teknis atau terkena tembakan maupun senjata jenis lainnya.

Dikutip dari tni-au.mil.id, cara kerja sistem kursi lontar dimulai ketika penerbang menarik handel pelontar pertama kalinya.

Ketika handel ditarik, maka kaca penutup langsung terlontar diikuti meledaknya roket pendorong. Lalu kursi dilontarkan bergulir pada rel di punggung kursi.

Metode lain dengan sistem pegangan tarik di sisi atau di tengah-tengah kursi.

Selain itu diaktifkan di atas kepala penerbang. Saat menarik handel sekaligus menarik tirai untuk menutupi dan melindungi wajahnya.

Baca Juga: Langit Kompleks Gaza Palestina Diselimuti Asap Tebal Dari Kebakaran Hutan

Sementara untuk waktu lontaran, tak lebih dari empat detik dari waktu handel pelontar ditarik. Tergantung pada model kursi dan berat badan penerbang.





loading...
Loading...