Tak Terima Wilayahnya Disabotase, Taiwan Mencegat Jet Angkatan Udara Cina yang Terbang di Sekitar Pulau

Tak Terima Wilayahnya Disabotase, Taiwan Mencegat Jet Angkatan Udara Cina yang Terbang di Sekitar Pulau

10 Februari 2020
Tak Terima Wilayahnya Disabotase, Taiwan Mencegat Jet Angkatan Udara Cina yang Terbang di Sekitar Pulau

Tak Terima Wilayahnya Disabotase, Taiwan Mencegat Jet Angkatan Udara Cina yang Terbang di Sekitar Pulau

RIAU1.COM -  Angkatan udara Taiwan mengacak pejuang bersenjata pada hari Minggu untuk mencegat jet China yang terbang di sekitar pulau yang diklaim oleh Beijing sebagai miliknya, dalam sebuah langkah yang dikecam oleh Kementerian Pertahanan Taiwan sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas regional.

China telah menerbangkan apa yang disebutnya latihan "pengepungan pulau" sejak 2016 ketika Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menjabat untuk pertama kalinya.

Beijing yakin Tsai, yang memenangkan pemilihan ulang bulan lalu, ingin mendorong kemerdekaan formal pulau itu. Dia mengatakan Taiwan adalah negara merdeka yang disebut Republik Cina, nama resminya.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan para pejuang J-11 Tiongkok dan pesawat pembom H-6 terbang ke Selat Bashi ke selatan Taiwan, kemudian keluar ke Pasifik sebelum kembali ke pangkalan melalui Selat Miyako, yang terletak di antara pulau-pulau Jepang Miyako dan Okinawa, ke timur laut Taiwan.

"Selama periode ini, militer nasional secara tepat menggunakan pesawat pengintai udara dan pasukan pertahanan udara sesuai dengan peraturan kesiapan tempur," katanya.

Itu memberikan gambar dari angkatan udara Taiwan F-16 yang membayangi salah satu pembom H-6 Tiongkok. Kantor Berita Pusat resmi Taiwan mengatakan pesawat tempur F-16 membawa rudal hidup.

"Misi jarak jauh Komunis China jarak jauh telah berdampak pada keamanan dan stabilitas regional dan membahayakan perdamaian dan kesejahteraan yang dimiliki oleh semua pihak di kawasan itu," kata kementerian itu.

Komando Teater Timur Tiongkok, dalam sebuah pernyataan pada Ahad malam yang dilakukan oleh Harian Tentara Pembebasan Rakyat, mengatakan pesawat itu melakukan "pelatihan berorientasi pertempuran yang sesungguhnya".

"Taiwan dan pulau itu adalah bagian yang sakral dan tidak dapat dicabut dari Cina. Patroli siap tempur militer Tiongkok adalah tindakan yang sepenuhnya sah dan perlu yang ditujukan pada situasi saat ini di Selat Taiwan dan menjaga kedaulatan nasional."

Wakil Presiden Taiwan terpilih, William Lai, kembali dari kunjungan ke Amerika Serikat, di mana ia menghadiri Sarapan Doa Nasional tingkat tinggi, tempat Presiden AS Donald Trump berbicara. Tiongkok mengecam kunjungan Lai.

Hubungan antara Taipei dan Beijing semakin memburuk dalam beberapa minggu terakhir di tengah merebaknya virus corona baru di Cina, dengan Taiwan menuduh Cina mencegah pulau itu mengakses informasi lengkap dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atau menghadiri pertemuannya.

Taiwan bukan anggota WHO karena keberatan China. China menegaskan pulau yang diperintah sendiri itu adalah salah satu negara demokrasi paling semarak di kawasan itu hanyalah sebuah provinsi China yang kepentingannya dalam badan kesehatan diwakili secara memadai oleh Beijing.

Dalam terobosan diplomatik kecil untuk Taiwan, WHO mengatakan para ahli Taiwan akan berpartisipasi minggu ini dalam pertemuan online para pakar tentang virus tersebut.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan ini adalah "awal yang baik" dan itu harus berusaha untuk mengambil bagian dalam lebih banyak acara WHO.

Masalah WHO di Taiwan minggu lalu menjadi titik api lain dalam hubungan Sino-AS, dengan duta besar AS untuk PBB di Jenewa memberi tahu badan itu untuk berurusan langsung dengan pemerintah Taiwan, menarik teguran keras dari Tiongkok.

 

 

 

R1/DEVI