Rabu, 01 April 2020

INTERNASIONAL

Australia Tarik Pasukan Cadangan Sipil, 38 TNI dan 3 BNPB Akan Totalitas Bersihkan Lahan Bekas Kebakaran

news24xx


Anggota TNI saat melihat pasukan cadangan sipil Australia membersihkan jalanan dari sisa kebakaran hutan. Foto: Antara. Anggota TNI saat melihat pasukan cadangan sipil Australia membersihkan jalanan dari sisa kebakaran hutan. Foto: Antara.

RIAU1.COM -Indonesia melalui Satuan Tugas Garuda membantu pemerintah Australia membersihkan lahan bekas kebakaran hutan pada Jumat (14/2/2020).

"Satuan Tugas dipusatkan di Air Force Based Camp Richmond Sydney bekerja sama dengan militer Australia. Total personel yang bertugas berjumlah 38 anggota TNI dan tiga anggota BNPB," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo dikutip dari Antara, Sabtu (15/2/2020).

Pembersihan lahan untuk memindahkan pohon-pohon maupun ranting yang terbakar. Hal itu untuk menghindari bahaya lanjutan apabila pengendara atau penduduk setempat melintasi jalan yang pepohonannya sudah terbakar.

Baca Juga: Kalahkan Wuhan, Kini New York jadi Episentrum Virus Corona

www.jualbuy.com

Kegiatan pembersihan di wilayah bekas kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan gabungan Grup Sakti TNI dan Grup Ubique militer Australia itu berjalan baik sesuai dengan rencana.

"Lokasi kegiatan berdasarkan kesepakatan dengan pemerintah daerah setempat. Grup Sakti yang dipimpin Sersan Satu Ferris membuka akses jalan di sekitar Wolgan Road, Clarence, serta membuka akses jalan di sekitar Chiefly Street," kata Agus.

Baca Juga: Cegah Wabah Corona, Turki Siapkan Amandemen untuk Bebaskan 90 ribu Tahanan

Iklan Riau1

Sedangkan Grup Ubique yang dipimpin Letnan Debby membersihkan akses jalan dengan menggunakan gergaji mesin di State Mine Gully Road. Lokasi yang dibersihkan berada di negara bagian New South Wales.

Agus mengatakan beberapa hari ke depan Australia akan menarik pasukan cadangan sipil secara bertahap sehingga akan terjadi kekurangan personel di lapangan. TNI diharapkan dapat menutup kesenjangan tersebut.

Di sela-sela bertugas, Tim Satuan Tugas Garuda berkesempatan salat Jumat di Masjid Quaker Hills dan dijamu makan siang oleh pemimpin masjid. Pihak masjid memberikan pujian kepada Tim Satuan Tugas Garuda sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas bantuan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Australia. 





Loading...