Trump Menghentikan Pendanaan ke WHO, Ini Alasannya...

Trump Menghentikan Pendanaan ke WHO, Ini Alasannya...

15 April 2020
Trump Menghentikan Pendanaan ke WHO, Ini Alasannya...

Trump Menghentikan Pendanaan ke WHO, Ini Alasannya...

RIAU1.COM - Presiden Donald Trump mengatakan dia menginstruksikan pemerintahannya untuk sementara waktu menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia,

"WHO gagal dalam tugas dasarnya dan harus dimintai pertanggungjawaban," kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih. "Wabah itu bisa saja dibendung pada sumbernya" jika organisasi telah merespon dengan benar sejak awal, ia menambahkan.

Tidak jelas kapan penghentian pembayaran akan berlaku atau seberapa besar otoritas Trump untuk menangguhkan pencairan, yang disahkan oleh Kongres. AS telah menyumbang $ 893 juta untuk operasi WHO selama siklus pendanaan dua tahun saat ini, menurut organisasi. Pejabat administrasi mengisyaratkan penangguhan itu akan berlangsung selama 60 hari.

Dalam sebuah pernyataan hari Selasa, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kesempatan untuk menyelidiki bagaimana penyakit ini menyebar di seluruh dunia nanti.

"Karena ini bukan waktu, itu juga bukan waktu untuk mengurangi sumber daya untuk operasi Organisasi Kesehatan Dunia atau organisasi kemanusiaan lainnya dalam memerangi virus," katanya. "Seperti yang saya katakan sebelumnya, sekarang adalah waktu untuk persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja sama dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan."

Langkah untuk membatasi dukungan kepada WHO di tengah pandemi global belum pernah terjadi sebelumnya. Namun ketika kritik domestik terhadap respon administrasi Trump telah meningkat dan AS menjadi pusat penyebaran, banyak pendukung presiden telah menunjuk ke WHO karena membuat kesalahan awal yang mereka katakan merusak AS dan memperburuk krisis.

WHO telah menjadi saluran untuk ketegangan antara AS dan Cina selama berbulan-bulan, dengan Sekretaris Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dipilih untuk disalahkan oleh sekutu presiden karena terlalu menghormati Beijing. Perwakilan untuk WHO tidak menanggapi permintaan komentar.

Dermawan miliarder Bill Gates, co-pendiri Microsoft Corp, memperingatkan dalam tweet bahwa memotong dana untuk WHO "sama berbahayanya dengan kedengarannya."

AS menyumbang hampir seperempat dari semua iuran negara anggota untuk WHO. Kumpulan dana itu - walaupun sebagian kecil dari keseluruhan anggaran - digunakan sebagai anggaran operasional organisasi untuk menjalankan operasi sehari-hari, kata Adam Kamradt-Scott, associate professor keamanan internasional di University of Sydney yang telah menulis tentang politik kesiapan pandemi. Sisa pendanaan, yang disebut kontribusi sukarela, berasal dari negara-negara anggota dan nirlaba dan dirancang untuk program kesehatan global tertentu.

Dia memperingatkan bahwa Trump dapat "membangkrutkan organisasi" jika AS menarik iuran anggota dan kontribusi sukarela, menambahkan bahwa langkah itu akan membatalkan dekade kerja memimpin dunia dalam memerangi penyakit. Langkah itu dapat berdampak pada kesehatan global secara lebih luas di luar WHO, tambahnya.

"Kami sekarang memiliki situasi di mana AS mengosongkan peran kepemimpinan di tengah krisis," kata Kamradt-Scott. “Alam membenci kekosongan. Politik semakin membenci kekosongan. ”

 

 

 

R1/DEVI