WHO Menargetkan Para Remaja di Media Sosial Untuk Menyebarkan Informasi Seputar Virus Corona

WHO Menargetkan Para Remaja di Media Sosial Untuk Menyebarkan Informasi Seputar Virus Corona

2 Mei 2020
WHO Menargetkan Para Remaja di Media Sosial Untuk Menyebarkan Informasi Seputar Virus Corona

WHO Menargetkan Para Remaja di Media Sosial Untuk Menyebarkan Informasi Seputar Virus Corona

RIAU1.COM - Organisasi Kesehatan Dunia, Jumat, mengatakan pihaknya bekerja dengan perusahaan media sosial dalam upaya untuk menghilangkan informasi yang salah tentang pandemi coronavirus - termasuk pada aplikasi yang lebih ringan yang populer di kalangan remaja. WHO mengatakan sudah mulai bekerja dengan TikTok dan Snapchat sejak pandemi itu terjadi dalam upaya untuk menjangkau pengguna aplikasi pesan sosial remaja dan yang lebih muda.

"Kami memerangi informasi yang salah setiap hari," kata Andy Pattison, manajer solusi digital badan kesehatan PBB.

Di media sosial, "kisah-kisah palsu mengungguli kebenaran pada setiap subjek" dalam seberapa jauh dan seberapa cepat mereka menyebar, ia mengatakan pada konferensi pers virtual.

Karena itu WHO berusaha memerangi kebohongan dengan pesan berbasis sains melalui aplikasi media sosial yang paling umum digunakan, katanya. Aleksandra Kuzmanovic, manajer media sosial WHO, mengatakan organisasi itu juga telah hadir di TikTok dan Snapchat selama pandemi COVID-19, karena sebagian besar pengikutnya di platform sebelumnya berada di kelompok usia 25 hingga 35 tahun.

"Di TikTok dan Snapchat, kami sekarang menjangkau audiens yang jauh lebih muda," katanya.

"Penting bagi kami untuk berkomunikasi dengan remaja bagaimana mereka dapat melindungi diri mereka sendiri. Kami adalah organisasi berbasis sains yang memiliki informasi serius dan TikTok adalah platform yang dianggap lucu - orang-orang berbagi video dan informasi lucu."

Kuzmanovic mengatakan tantangannya adalah bagaimana menyampaikan informasi pendidikan yang serius tentang TikTok.

"Dengan bantuan mereka, kami menyesuaikan beberapa produk video kami agar sesuai dengan platform," katanya.

WHO memiliki halaman khusus COVID-19 "Myth busters", yang secara langsung menyanggah rumor tentang virus tersebut, yang telah menewaskan lebih dari 230.000 orang di seluruh dunia dan menginfeksi lebih dari 3,2 juta.

Pattison mengatakan WHO sedang mengerjakan fitur-fitur chatbot dengan WhatsApp, Viber, Facebook Messenger dan Apple Business Chat, tetapi berharap untuk membuka saluran pada hingga 30 aplikasi semacam itu untuk memperhitungkan yang paling populer di berbagai negara, seperti Line in Japan .

"Sangat penting bahwa kami menjangkau jutaan orang secara langsung dalam bahasa mereka sendiri," katanya.

Pattison mengatakan bahwa WHO bermitra dengan YouTube untuk mencoba menghilangkan kesalahan informasi yang berbahaya dan menghilangkan rumor yang tidak berdasar secara ilmiah, dalam hubungan dua arah.

YouTube memberikan wawasan WHO tentang tren rumor COVID-19 dan badan PBB memberi tahu mereka mana yang tidak berbahaya dan mana yang mungkin berbahaya.

Pattison mengatakan Google bekerja dengan WHO sehingga pencarian COVID-19 menghasilkan berita dari outlet yang kredibel dan informasi kesehatan lokal di dalam negeri.

"Mereka sangat pandai menemukan keseimbangan yang tepat," katanya.

 

 

 

R1/DEVI