China Mendukung Tinjauan Pandemi Global yang Dipimpin WHO

China Mendukung Tinjauan Pandemi Global yang Dipimpin WHO

11 Mei 2020
China Mendukung Tinjauan Pandemi Global yang Dipimpin WHO

China Mendukung Tinjauan Pandemi Global yang Dipimpin WHO

RIAU1.COM - China mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya mendukung peninjauan yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia ke dalam respon global terhadap wabah koronavirus, tetapi hanya "setelah pandemi berakhir".

Komentar dari juru bicara kementerian luar negeri Hua Chunying datang ketika China menghadapi tekanan global yang meningkat untuk memungkinkan penyelidikan internasional tentang asal-usul pandemi ini.

Peninjauan harus dilakukan secara "terbuka, transparan, dan inklusif" di bawah kepemimpinan kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Hua mengatakan pada konferensi pers.

Dia menambahkan bahwa itu harus pada "waktu yang tepat setelah pandemi berakhir".

Tetapi Hua tidak mengatakan peninjauan itu harus menyelidiki asal-usul virus, meskipun ada seruan yang dipimpin oleh AS dan Australia untuk penyelidikan internasional tentang masalah ini, yang telah menjadi titik nyala kunci dalam memburuknya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Sebagai gantinya, tinjauan tersebut harus "merangkum pengalaman dan kekurangan tanggapan internasional terhadap pandemi, memperkuat kerja WHO, meningkatkan pembangunan kemampuan kesehatan masyarakat inti negara, dan memberikan saran untuk meningkatkan kesiapan global terhadap penyakit menular utama," kata Hua. .

Dia mengatakan Cina akan bekerja sama dengan upaya WHO untuk melacak asal, tetapi menolak seruan AS untuk penyelidikan, menuduhnya "mempolitisasi masalah".

Hua menekankan bahwa setiap penyelidikan harus didasarkan pada Peraturan Kesehatan Internasional, dan disahkan oleh Majelis Kesehatan Dunia atau Komite Eksekutif - badan pengatur ganda WHO.

Ahli epidemiologi WHO, Dr Maria van Kerkhove, Rabu mengatakan badan tersebut sedang dalam pembicaraan dengan China untuk mengirim misi untuk menyelidiki sumber hewan dari virus tersebut.

Baik Presiden AS Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo sangat mengkritik dugaan kurangnya transparansi China, dan telah berulang kali mendorong teori bahwa virus itu muncul dari laboratorium virologi dengan keamanan maksimum Wuhan.

Klaim itu telah menjadi titik pertikaian utama antara China dan AS, dengan Beijing menuduh politisi Republik AS menggeser kesalahan sebagai strategi pemilihan.

Sebagian besar ilmuwan percaya virus itu berasal dari hewan sebelum ditularkan ke manusia.

Sejumlah negara termasuk Perancis, Jerman dan Inggris juga mendesak transparansi yang lebih besar dari Cina atas penanganan virusnya.

China dengan keras membantah tuduhan bahwa pihaknya menyembunyikan informasi terkait wabah awal, bersikeras bahwa mereka selalu berbagi informasi dengan WHO dan negara-negara lain secara tepat waktu.

 

 

 

R1/DEVI