Wuhan Akan Menguji Seluruh Penduduk Kota Setelah Kasus Virus Corona Baru Muncul

Wuhan Akan Menguji Seluruh Penduduk Kota Setelah Kasus Virus Corona Baru Muncul

12 Mei 2020
Wuhan Akan Menguji Seluruh Penduduk Kota Setelah Kasus Virus Corona Baru Muncul

Wuhan Akan Menguji Seluruh Penduduk Kota Setelah Kasus Virus Corona Baru Muncul

RIAU1.COM - Wuhan, tempat epidemi virus korona global pertama kali dimulai, telah memerintahkan para pejabat untuk bersiap menguji 11 juta populasinya setelah kota Cina tengah itu melaporkan sejumlah infeksi baru untuk pertama kalinya sejak pengunciannya dicabut, menurut laporan media pemerintah.

Semua distrik di kota telah diberitahu untuk menyerahkan rencana yang harus menjelaskan bagaimana mereka akan mempersiapkan dalam waktu sepuluh hari untuk melakukan pengujian semua orang di bawah lingkup mereka, kata sebuah dokumen yang dikutip oleh laporan media lokal yang dirilis oleh departemen anti-virus Wuhan. Rencana tersebut harus memprioritaskan pengujian kelompok rentan dan area seperti kompleks perumahan.

Enam kasus yang ditularkan secara lokal, dilaporkan pada 10 dan 11 Mei, ditemukan pada orang yang sudah di bawah karantina yang tidak menunjukkan gejala sebelum dites positif, menurut pemerintah setempat.

Keenam kasus muncul dari satu kompleks perumahan dan merupakan infeksi baru pertama yang ditemukan di Wuhan sejak pengunciannya dicabut pada 8 April.

Langkah ambisius untuk menguji semua orang di Wuhan mencerminkan kecemasan Cina atas kebangkitan epidemi, yang berhasil dimusnahkan melalui pembatasan kejam yang mengunci ratusan juta orang pada puncaknya pada Februari. Wuhan dimeteraikan dari 23 Januari hingga 8 April dalam cobaan panjang berbulan-bulan yang melihat banyak orang meninggal ketika sistem kesehatan setempat runtuh.

Bahkan ketika orang-orangnya dengan hati-hati kembali ke kehidupan normal, kota ini telah menjadi sorotan global lagi setelah pemerintahan Presiden AS Donald Trump menuduh bahwa virus itu terkait dengan sebuah laboratorium di Institut Virologi Wuhan. China telah membantah ada kaitan dan direktur laboratorium mengatakan bahwa tidak ada staf yang terinfeksi, yang menurutnya membantah teorinya.

Meskipun kasus-kasus baru di Wuhan sedikit dan tampak terkendali, mereka berfungsi sebagai pengingat akan risiko yang dihadapi Tiongkok saat mencoba membuka kembali ekonomi yang mengalami kontraksi terburuk sejak 1992.

 “Tujuh provinsi melaporkan infeksi baru selama 14 hari terakhir, dan kasus-kasus yang berkerumun terus meningkat,” Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional, mengatakan pada hari Senin. China melaporkan hanya satu kasus yang dikonfirmasi pada hari Selasa, tanpa infeksi baru di Wuhan.

Kekhawatiran akan kebangkitan di bagian lain China disorot pada hari Minggu ketika kota Shulan di timur laut, yang berbatasan dengan Korea Utara, dikunci sebagian setelah 11 infeksi baru ditemukan. Banyak kota di Tiongkok masih tidak mengizinkan bioskop dan bar beroperasi, dan pembatasan ketat terhadap pertemuan sosial tetap ada. Masker wajah diperlukan untuk angkutan umum dan memasuki toko dan fasilitas umum.

 

 

R1/DEVI