WHO Mengatakan, Virus Corona Mungkin Tidak Akan Pernah Dari Muka Bumi

WHO Mengatakan, Virus Corona Mungkin Tidak Akan Pernah Dari Muka Bumi

14 Mei 2020
WHO Mengatakan, Virus Corona Mungkin Tidak Akan Pernah

WHO Mengatakan, Virus Corona Mungkin Tidak Akan Pernah

RIAU1.COM -  Coronavirus yang menyebabkan COVID-19 bisa menjadi endemik seperti HIV, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Rabu, 13 Mei, memperingatkan terhadap segala upaya untuk memprediksi berapa lama itu akan terus beredar dan menyerukan "upaya besar-besaran" untuk mengatasinya.

"Penting untuk meletakkan ini di atas meja: virus ini mungkin hanya menjadi virus endemik lain di komunitas kami, dan virus ini mungkin tidak akan pernah hilang," kata pakar kedaruratan WHO Mike Ryan dalam briefing online.

"Saya pikir penting bagi kami untuk realistis dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang," tambahnya. “Saya pikir tidak ada janji dalam hal ini dan tidak ada tanggal. Penyakit ini bisa menjadi masalah yang lama, atau mungkin juga tidak. ”

Namun, ia mengatakan dunia memiliki kendali atas bagaimana penyakit itu dapat mengatasi penyakit itu, meskipun ini akan membutuhkan "upaya besar" bahkan jika vaksin ditemukan - prospek yang ia gambarkan sebagai "pelayaran jauh besar-besaran."

Lebih dari 100 vaksin potensial sedang dikembangkan, termasuk beberapa dalam uji klinis, tetapi para ahli telah menggarisbawahi kesulitan menemukan vaksin yang efektif terhadap coronavirus.

Ryan mencatat bahwa vaksin ada untuk penyakit lain, seperti campak, yang belum dieliminasi.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menambahkan: "Lintasan ada di tangan kita, dan itu adalah urusan semua orang, dan kita semua harus berkontribusi untuk menghentikan pandemi ini."

Ryan mengatakan "kontrol yang sangat signifikan" dari virus diperlukan untuk menurunkan penilaian risiko, yang katanya tetap tinggi di "tingkat nasional, regional dan global".

Pemerintah di seluruh dunia sedang berjuang dengan pertanyaan tentang bagaimana membuka kembali ekonomi mereka sambil masih mengandung virus, yang telah menginfeksi hampir 4,3 juta orang, menurut penghitungan Reuters, dan menyebabkan lebih dari 291.000 kematian.

Uni Eropa mendorong pada hari Rabu untuk pembukaan kembali secara bertahap perbatasan di dalam blok yang telah ditutup oleh pandemi, mengatakan belum terlambat untuk menyelamatkan beberapa musim turis musim panas sambil tetap menjaga orang tetap aman.

Tetapi para ahli kesehatan masyarakat mengatakan sangat hati-hati diperlukan untuk menghindari wabah baru. Ryan mengatakan membuka perbatasan darat lebih berisiko daripada mengurangi perjalanan udara, yang merupakan “tantangan berbeda”.

“Kita perlu masuk ke dalam pola pikir bahwa akan membutuhkan waktu untuk keluar dari pandemi ini,” kata ahli epidemiologi WHO Maria van Kerkhove dalam penjelasannya.

 

 

 

R1/DEVI