Rabu, 15 Juli 2020

INTERNASIONAL

Gara-Gara JP Coen Jajah Batavia, Sekolah SD di Belanda Langsung Ganti Nama

news24xx


Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Catatan kelam Jan Pieterszoon Coen atau JP Coen Sebelum dinobatkan sebagai gubernur jenderal Batavia (Jakarta) pada 1619 membuat sebuah sekolah dasar di kawasan Indische Buurt, Amsterdam terpaksa mengganti nama lantaran menanggung malu pada 2018 silam.

Mereka menggantinya dengan nama Coenschool, tanpa menambah JP pada nama depannya dinukil dari historia.id, Sabtu, 30 Mei 2020.

Sekolah yang semula bernama JP Coenschool yang disandang selama bertahun-tahun itu tak mau dianggap memiliki perangai sama dengan penjajah satu ini.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Lahirnya Boeing Company

www.jualbuy.com

JP Coen diketahui dikenal memiliki catatan hitam dalam sejarah penjajahan di Indonesia. Termasuk melakukan pembunuhan massal terhadap ribuan orang di kepulauan Banda demi monopoli pala VOC.

Baca Juga: Sumpah Tayyip Erdogen, Bebaskan Masjid Al Aqsa dari Jajahan Israel

Apa yang dilakukan JP Coen di masa lalu itu dianggap tak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut sekolah. Tak hanya itu, nama JP Coen yang disandang sekolah ini ternyata menimbulkan rasa tak nyaman di kalangan murid dan para pengajarnya.

Penggantian nama ini baru diketahui warga Belanda karena pelajaran sejarah mereka mengatakan bahwa VOC tak pernah dikenang sebagai lembaga kolonial yang banyak mendatangkan musibah bagi warga jajahan.

Membuat generasi muda Belanda lebih mengenal VOC sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia yang pernah berjaya menguasai jalur perdagangan dunia. 





loading...
Loading...
DN06 | Agung Toyota New Baca 2