Jumat, 27 November 2020

INTERNASIONAL

Sejarah 5 Oktober: Peringatan Hari Guru Sedunia

news24xx


Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tepat hari ini sejak 1994 organisasi internasional yang mengurusi semua empat pilar pendidikan, UNESCO memperingati hari guru sedunia.

Semua bermula ketika terjadinya konferensi UNESCO di Paris, Prancis pada 21 Septeber sampai 5 Oktober ditahun yang sama dikutip dari tagar.id, Senin, 5 Oktober 2020.

Baca Juga: Sejarah Lampu Sein, Komponen Penting Pengganti Lonceng Pada Kendaraan



www.jualbuy.com

Pertemuan tersebut melibatkan 76 perwakian negara dan 35 organisasi Internasional membahas mengenai status seorang guru. Dalam rekomendasi tersebut menjelaskan penekanan terhadap sikap profesional guru.

Termasuk menghasilkan putusan kesejateraan terhadap guru dan pendidik, terutama yang berada di negara berkembang seperti Indonesia.

Konferensi tersebut dikena dengan istilah Recommendations Concering the Status of Teachers menghasilkan lahirnya International Teacher’s Day atau hari guru sedunia.

Baca Juga: Siapa Bilang Pisah Ranjang Tak Bikin Kantong Jebol, Ini Perceraian Termahal di Dunia

Untuk Indonesia, peringatan hari guru diselenggarakan setiap 25 November bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1994.

Tertuang dalam Kepres Nomor 78 Tahun 1994. Penetapan Hari Guru Nasional juga ditegaskan lagi lewat UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.





loading...
Loading...