Partai Komunis China Ingatkan AS, Tak Ada yang Bisa Melemahkan Kepentingan Beijing

Partai Komunis China Ingatkan AS, Tak Ada yang Bisa Melemahkan Kepentingan Beijing

14 Juli 2018
Ilustrasi AS dan China.

Ilustrasi AS dan China.

Riau1.com - China kembali mengingatkan Amerika Serikat. Kepala komisi urusan luar negeri Partai Komunis China memperingatkan Amerika Serikat (AS). Beijing akan membela kepentingan utamanya meskipun postur politiknya adalah perdamaian.

"China mendukung pembangunan damai," kata Yang Jiechi di World Peace Forum di Beijing. 

"Kami akan terus menganggap kepentingan inti kami sebagai garis merah yang tidak boleh disilangkan," imbuhnya seperti dilansir dari sindonews.com mengutip Sputnik, Sabtu (14/7/2018).

Ia berjanji bahwa China tidak akan pernah mencari dominasi global tetapi menekankan bahwa tidak ada negara yang harus berada di bawah ilusi bahwa itu dapat merusak kepentingan Cina sesuka hati.

Hubungan antara China dan Amerika Serikat memburuk tahun ini setelah Washington mengumumkan tarif yang sangat besar pada impor Cina.

Kebijakan ini sebagai pembalasan atas apa yang dilihat Washington sebagai praktik perdagangan yang tidak adil. Beijing telah berulang kali memperingatkan diperlukan semua tindakan pencegahan untuk melindungi dirinya.

Pada hari Rabu, kementerian perdagangan Cina mengumumkan bahwa mereka terkejut oleh tindakan perdagangan Washington dan berjanji untuk menanggapi jika AS memberlakukan tarif lebih pada barang-barang Cina, seperti yang diumumkan Trump sebelumnya.

R1/Hee