Rabu, 27 Oktober 2021

KAMPAR

Proyek SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar Ditargetkan Rampung Tahun Depan

news24xx


Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Riau Fuady Noor. Foto: Surya/Riau1. Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Riau Fuady Noor. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) memimpin proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Pekanbaru-Kampar mulai saat ini. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2022.

Direktur Utama PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) Fuady Noor sebelum pemancangan tiang pertama SPAM Regional di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9/2021), mengatakan, pihaknya ditugaskan sebagai penyelenggara SPAM Lintas Pekanbaru dan Kampar dengan kapasitas 1.000 liter per detik. Bersama PT PP Tirta Riau, pihaknya melaksanakan proses pembangunan strategis ini agar bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami ingin mencapai target pembangunan SPAM lintas Pekanbaru-Kampar ini dapat mengalir pada 2022. Namu, SPAM yang sedang dibangun ini belum akan melayani seluruh masyarakat di Pekanbaru dan Kampar," ujarnya.

Baca Juga: Di Kampar Sudah Ada 12 Desa Tangguh Bencana dengan System Pelaporan Berbasis Website



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

Pada tahap pertama, pembangunan pipa SPAM ini baru akan mencapai Pekanbaru wilayah Selatan seperti Kecamatan Tampan (sekarang sudah menjadi Kecamatan Tuah Madani dan Kecamatan Binawidya), Marpoyan Damai, dan Bukit Raya. Sedangkan di Kabupaten Kampar, SPAM ini baru bisa melayani masyarakat di Kecamatan Tambang dan Siak Hulu. 

"Kami berharap SPAM dengan konsep Business to Business (B to B) ini dapat memenuhi persediaan air minum bagi 102.000 sambungan rumah (SR). Kami juga berharap SPAM ini dapat mengalir ke seluruh wilayah Pekanbaru dan Kabupaten Kampar," harap Fuady. 

Saat ini, pekerjaan ini menjadi model awal bagi pembangunan SPAM berikutnya. SPAM ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak, terutama dua daerah yang penduduknya terbanyak di Riau yaitu Pekanbaru dan Kampar.

Baca Juga: Sidak di BKPSDM Kampar, Catur Sugeng Minta Arsip dan Dokumen Rahasia Disimpan dengan Baik

"Pemanfaatan SPAM ini bukan hanya membantu menyediakan air bersih yang dapat langsung diminum. Akan tetapi, SPAM ini juga dapat mendukung produktivitas Perusahaan Umum  Daerah Air Minum (PDAM) dua wilayah sebagai mitra penting SPAM ini," ucap Fuady. 

Hal ini dikarenakan PT SPR tidak dapat bekerja sendiri. PT SPR sebagai BUMD Provinsi Riau bertujuan mendukung program unggulan pemerintah. 

"Hari ini, kita menyaksikan bersama-sama pemancangan pertama pembangunan instalasi SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar. Proyek ini telah melalui beberapa tahap pengurusan dan perizinan," sebut Fuady. 





loading...
Loading...