Ketinggian Gelombang di Perairan Natuna Besok Diprakirakan Capai 5-6 Meter

Ketinggian Gelombang di Perairan Natuna Besok Diprakirakan Capai 5-6 Meter

25 Januari 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Wilayah Kepulauan Riau seperti Tanjung Pinang/Bintan, Lingga, Anambas dan Natuna berdasarkan prakiraan BMKG Kelas I Hang Nadim mengalami cuaca ekstrem gelombang tinggi.

“Untuk prakiraan cuaca Batam dalam 3 hari kedepan masih basah, dengan potensi hujan ringan hingga sedang. Hal ini karena masih terdapat belokan angin (shearline) dan konvergensi di sekitar wilayah Kepri,” ujar Forecaster BMKG Kelas I Batam, Noah Ginting, Rabu (25/1) seperti dimuat Batampos.

Kemudian dia menambahkan, kondisi ini juga didukung dengan kelembaban udara atas yang cukup tinggi mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

“Sehingga curah hujan bisa terjadi dalam intensitas deras pada pagi dan siang hari," ujarnya.

BMKG juga mengimbau pada transpotasi laut untuk tetap waspada sebabuntuk hari ini kondisi gelombang dinatuna masuk dalam kategori ekstrem karena mencapai 6 meter, sedangkan Anambas kategori sangat tinggi hingga mencapai 5 meter.

“Kondisi cuaca di perairan Natuna dan Anambas masuk dalam kategori ekstrem bahkan mencapai 5 dan 6 meter,” tutur dia.

Bahkan lanjutnya, untuk besok hari Anambas dan Natuna masih dalam kategori sangat tinggi ketinggian gelombang 5-6 meter.

“Sementara di perairan Kepri lainnya untuk tinggi gelombang di wilayah Batam dan Karimun kategori rendah, untuk Lingga masuk kategori sedang 1.5 sampai 2.0 meter, begitu juga dengan  untuk Pinang/Bintan kategori tinggi mencapai 2.5-3.0 meter,” tukasnya.*