Desa Sungai Manau Kuansing Menuju Swasembada Pangan

Desa Sungai Manau Kuansing Menuju Swasembada Pangan

28 Februari 2024
Kunjungan Kerja Bupati Kuansing, Suhardiman Amby di Desa Sungai Manau

Kunjungan Kerja Bupati Kuansing, Suhardiman Amby di Desa Sungai Manau

RIAU1.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H Suhardiman Amby hadir dan menampung aspirasi masyarakat Desa Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik, sekaligus Melayur Jalur Kalo Jengking Tigo Jumbalang belum lama ini.

Kepala Desa Sungai Manau, Hamdan menyampaikan apresiasi kepada Bupati Suhardiman Amby yang telah hadir di tengah-tengah masyarakat dan menggelar audiensi untuk menampung aspirasi masyarakat Desa Sungai Manau.

"Bupati Suhardiman Amby, alhamdulillah sudah sering datang dan melaksanakan agenda di Desa Sungai Manau ini, kehadirannya sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat, apalagi Bupati Kuansing sangat senang berbaur dengan masyarakat", ucap Hamdan.

Tambah Hamdan menjelaskan, bahwa Desa Sungai Manau saat ini sedang menerapkan IP 200 untuk persawahan. 

"Jadi, saat ini 95 persen warga sudah mulai bertanam padi. Untuk itu, Hamdan meminta usulan irigasi dari Bapak bupati," ujarnya.

Menanggapi usulan tersebut, bupati Suhardiman Amby sangat senang dengan sudah mulai diterapkannya IP 200 oleh petani di Desa Sungai Manau.

"Tentunya dengan diterpakan IP 200 ini berarti masyarakat sudah bertaman padi 2 kali dalam setahun. Diharapkan nantinya dengan sudah diterapkan IP 200 ini dapat menjadi contoh oleh petani di desa lainnya, agar menambah lumbung padi dan tercapainya swasembada pangan", Ucap Bupati H. Suhardiman Amby.

Terkait irigasi Bupati Suhardiman Amby sudah menganggarkan tahun ini lebih kurang Rp700 juta untuk pengairan sawah. 

:Sementara untuk perbaikan jalan penghubung tersebut juga sudah masuk dalam APBD Kuansing dan terkait pembangunan jembatan gantung akan dibangun di Desa Kinali dengan panjang lebih kurang 110 meter," sebut dia.*