Dinkes Kuansing Ingin Berkolaborasi Terapkan Program Germas

Dinkes Kuansing Ingin Berkolaborasi Terapkan Program Germas

25 November 2022
Kampanye Germas di Kuansing

Kampanye Germas di Kuansing

RIAU1.COM - Bagian dari upaya mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di lingkungan Pemerintah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar serangkaian kegiatan senam fisik, giat makan buah dan sayur serta deteksi penyakit tidak menular di Lapangan Upacara Pemerintah Daerah, Kamis (24/11)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing Jafrinaldi, mengatakan Germas merupakan rangkaian kegiatan yang sistematis, masif dan berkelanjutan yang diharapkan dapat mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk mengurangi beban masyarakat akibat penyakit sebagaimana dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017.

“Germas ini sebagai salah salah satu upaya meningkatkan kesadaran untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Untuk mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit dengan melibatkan pemangku kepentingan, swasta, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya,” kata dia.

Menurut Jafrinaldi, peran promosi kesehatan sangat penting untuk memberdayakan masyarakat agar tahu, mau dan mampu secara mandiri berperilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitarnya. 

“Masyarakat akan mampu berperilaku hidup bersih dan sehat apabila mempunyai pengetahuan, kemauan dan kemampuan untuk menerapkannya,” jelasnya.

Loading...

Jafrinaldi menerangkan dalam rangka memperingati HKN ke-58 ini jajaran kesehatan Kabupaten Kuansing mengadakan rangkaian kegiatan diantaranya kampanye germas dengan harapan masyarakat mempunyai kesadaran untuk membiasakan atau berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“PHBS ini dapat dilakukan melalui tiga kegiatan utama Germas yaitu aktifitas fisik setiap hari, membiasakan makan buah dan sayur serta cek kesehatan secara berkala,” pungkasnya.*