Guru Silat Pangean Dapat Insentif dari Pemkab Kuansing

Guru Silat Pangean Dapat Insentif dari Pemkab Kuansing

28 Mei 2024
Bupati Kuansing, Suhardiman Amby menghadiri Festival Silat Pangean

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby menghadiri Festival Silat Pangean

RIAU1.COM - Tahun 2024 ini merupakan pergelaran kedua Festival Silat Pangean, setelah tahun lalu juga masuk dalam kalender event pariwisata Kuantan Singingi (Kuansing).

“Silat pangean merupakan seni bela diri yang lahir dan tumbuh di Kenegerian Pangean. Festival silat pangean sudah masuk dalam kalender event pariwisata Kuansing, dan tahun 2024 ini merupakan pergelaran yang kedua di laman Datuk Baromban Bosi Desa Pembatang yang didukung oleh Pemkab Kuansing," kata Bupati Suhardiman Amby awal pekan ini.

Suhardiman Amby menambahkan, bahwa budaya dan tradisi silat pangean ini wajib kita jaga dan lestarikan, sama halnya dengan budaya lainnya seperti pacu jalur.

“Silat pangean ini sudah menjadi sebuah tradisi mendunia, kita punya laman (tempat penyelenggaraan) di Malaysia dan daerah lainnya. Oleh karena itu, kita wajib melestarikan budaya ini dan mewarisinya kepada anak-anak kita sebagai generasi penerus tradisi ini supaya kelestariannya tetap terjaga," ujarnya.

Selain itu, Bupati Kuansing juga mengungkapkan bahwa sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap tradisi silat pangean, pemerintah sudah menganggarkan biaya untuk semua laman-laman silat di Kuansing yang berinduk ke Pangean.

"Pemerintah akan memberikan insentif untuk perawatan lamannya dan juga guru silatnya agar pergelaran silat pangean ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya," pungkasnya.*