Kuansing Tahun Depan Dapat Bantuan Rp3 Miliar dari Pemprov Riau untuk Pacu Jalur

Kuansing Tahun Depan Dapat Bantuan Rp3 Miliar dari Pemprov Riau untuk Pacu Jalur

9 Desember 2023
Sekda Kuansing, Dedi Sambudi Melepas Sampan Pacu Jalur/Canangnews

Sekda Kuansing, Dedi Sambudi Melepas Sampan Pacu Jalur/Canangnews

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Dedy Sambudi turut hadir di acara melayur jalur.

Pelayuran jalur untuk memuaikan perahu tersebut dilaksanakan di Desa Koto Tuo, Kecamatan Kuatan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi akhir pekan ini.

Dikatakan Sekda Kuansing, Dedy Sambudi, bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya, tahun depan Kabupaten Kuantan Singingi akan menerima bantuan keuangan dari Pemprov Riau, berkisar Rp3 miliar. Dana tersebut adalah bantuan terbesar selama ini untuk mendukung pelaksanaan pacu jalur.

“Untuk kegiatan Pacu Jalur yang akan dilaksanakan tahun depan, informasinya kami akan mendapatkan bantuan dari bantuan keuangan provinsi sebesar lebih kurang 3 miliar. Atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan seluruh masyarakat Kuansing, tentunya ini adalah bantuan paling besar yang kami terima selama ada event pacu jalur,” katanya.

Dijelaskannya, bantuan dari Pemprov Riau tidak hanya untuk event pacu jalur saja. Tetapi, ada juga bantuan melalui Dinas Pariwisata Riau yang berguna sebagai penataan taman jalur.

“Kemudian dapat kami sampaikan juga, bukan hanya bantuan itu saja, bahwa kami juga akan mendapatkan bantuan keuangan untuk penataan taman jalur. Mudah-mudahan tahun depan ini bisa diresmikan,” jelasnya.

Sekda Kuansing, Dedy Sambudi, mengapresiasi kepedulian Pemprov Riau untuk memajukan festival kebudayaan Pacu Jalur. Dengan diberikan bantuan tersebut, dirinya beserta jajaran berkomitmen ke depannya akan selalu meningkatkan kualitas Kabupaten Kuansing.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur dan Pemerintah Provinsi Riau atas bantuannya untuk kemajuan Kuantan Singingi. Semoga nanti ke depannya budaya pacu jalur ini dapat semakin kita tingkatkan lagi,” ujarnya.*