Monitoring Gerakan Penimbangan Balita Serentak di Kuansing, Kasus Stunting Diklaim Berkurang

Monitoring Gerakan Penimbangan Balita Serentak di Kuansing, Kasus Stunting Diklaim Berkurang

9 Mei 2024
Gerakan Penimbangan Balita Serentak di Kuansing,

Gerakan Penimbangan Balita Serentak di Kuansing,

RIAU1.COM - Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) melakukan monitoring di tiga kecamatan sekaligus, yakni Kecamatan Benai (Desa Benai Kecil), Sentajo Raya (Kenegerian Beringin Jaya) dan Logas Tanah Darat +Desa Perhentian luas), Rabu (08/05/2024) dalam program gerakan penimbangan balita serentak. 

Ketua TP PKK Kuansing, Yulia Herma Suhardiman mengatakan, melalui kegiatan penimbangan serentak ini diharapkan pencegahan stunting dapat tepat sasaran, dan bernilai manfaat untuk penurunan angka stunting yang ada di Kuansing. 

"Alhamdulillah angka stunting di Benai Kecil, sebelumnya berjumlah 4 orang sekarang tinggal 1 orang lagi. Hal ini berkat usaha dan kerja keras dari seluruh elemen yang terlibat, terkhusus tim yang ada di kecamatan," ujar Yulia.

Dia mengharapkan sinergitas dan bantuan dari tim pencegahan penurunan stunting kecamatan, baik itu camat, Kapus dan Penggerak PKK untuk terus memantau lokus stunting yang berada di wilayahnya. 

"Kedepannya, guna menurunkan angka stunting, Tim Percepatan Penurunan Stunting, siap turun ke lokasi gugus-gugus atau lokus stunting yang ada di Kuansing," jelasnya.

Sementara itu, Kadis DP2KBP3A Aswandi, mengatakan bahwa kegiatan monitoring ini bertujuan untuk melakukan validasi data dan untuk mengetahui kondisi yang terjadi di lapangan.

"Hasil ini nanti akan kita followup dengan melakukan intervensi nyata guna menurunkan angka stunting di Kuansing. Selain itu, kita minta keterlibatan setiap dinas untuk ikut berperan menjadi Bapak dan Ibu Asuh Stunting, sehingga dengan adanya program ini diharapkan mampu menurunkan angka stunting hingga ke angka 14%," ujar Kadis DP2KBP3A.*