Sabtu, 23 Januari 2021

NASIONAL

Hildebrand und Wolfmuller, Merk Sepeda Motor Pertama di Indonesia

news24xx


 John Potter dan sepeda motornya (Foto: Istimewa/internet) John Potter dan sepeda motornya (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Memang menarik membahas sejarah perkembangan sepeda motor di Tanah Air. Termasuk merk yang pertama kali mengaspal di jalanan Indonesia.

Dikutip dari gridoto.com, Kamis, 19 November 2020, Hildebrand und Wolfmuller merupakan sepeda motor pertama yang didatangkan langsung ke Nusantara.

Merek bikinan Jerman ini dipesan langsung oleh juragan pabrik gula di Purbolinggo, John Potter.

Sultan super tajir ini memesan langsung dari pabriknya saat Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Sayang, untuk kedatangannya ke Indonesia masih simpang siur. Potter dianggap memboyongnya ke Ibu Pertiwi pada 1893.

Sedangkan menurut History of the Motorcycle: From the first motorized bicycles to the powerful and sophisticated superbikes of today motor tersebut pertama dijual massal pada tahun 1894.

Apakah John Potter termasuk orang yang inden duluan sehingga dapat unit sebelum motornya dijual massal atau kesalahan penulisan masih belum dapat dipastikan.

Yang jelas Hildebrand und Wolfmuller memiliki spesifikasi mesin 4-tak 1.489 cc dengan konfigurasi dua silinder.

Baca Juga: Pernah Mendengar Jamaah Tabligh? Begini Sejarahnya di Indonesia



www.jualbuy.com

Sayang, dengan kubikasi mesin sebesar itu powernya hanya berada di angka 2,5 dk dan kecepatan maksimalnya hanya 45 km/jam.

Tak hanya itu, untuk menyalakan motor ini juga cukup sulit. Dalam artikel lainnya menyebutkan bahwa John Potter dikisahkan harus menghabiskan waktu 20 menit sebelum bisa membawa sepeda motor ini jalan-jalan.

Baca Juga: Arti Pembantu Bagi Sosok Bung Karno

Alasannya karena mesinnya harus dibakar dulu dari luar menggunakan spiritus. Seiring perkembanga zaman jenis motor ini mulai ditinggalkan karena semakin banyak kendaraan masuk ke pasaran Indonesia dengan perawatan dan pengoperasian lebih mudah.





loading...
Loading...