Kapal Dumai Line 9 Kandas di Hutan Bakau Kepulauan Meranti

Kapal Dumai Line 9 Kandas di Hutan Bakau Kepulauan Meranti

12 Februari 2023
Kapal Dumai Line 9 saat Kandas

Kapal Dumai Line 9 saat Kandas

RIAU1.COM - Membawa penumpang ratusan orang, Kapal Domestik MV Dumai Line 9 dari Batam tujuan Selatpanjang lepas kendali hingga terdampar di hutan bakau. 

Hingga siang, kapal bersama penumpang masih terdampar di Pesisir Perairan Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Minggu (12/2/).

Berdasarkan keterangan Kepala Sesi Keselamatan Pelayaran KSOP Khusus Batam Yuzirwan Nasution seperti dimuat Batampos membenarkan informasi tersebut. Menurutnya MV Dumai Line 9 berlayar dari Batam tujuan Tanjung Balai Karimun dan selanjutnya menuju Selat Panjang.

“Lokasinya di Selat Panjang. Masuk wilayah KSOP Selat Panjang, ” ujarnya.

Sementara itu petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Selatpanjang, Helmi Nofikri membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya Dumai Line 9 terdampar di pesisir Tebingtinggi Timur, ketika memasuki perairan Kepulauan Meranti pasca bertolak dari Tanjungbalai Karimun Kepulaun Riau (Kepri).

“Benar kecelakaan terjadi pada Dumai Line 9,” ujarnya.

Informasi awal yang ia terima bahwa seluruh penumpang dikabarkan selamat. Namun pihaknya masih menunggu informasi lanjutan dari Petugas Keselamatan Berlayar KSOP Selatpanjang di lokasi kejadian. “Petugas sudah ke sana untuk memastikan kondisi penumpang dan kapal. Begitu juga kronologis kejadian perkara sekaligus menunggu kabar terhadap jalan keluar proses evaluasi. Hanya itu yang baru bisa kami sampaikan,” ujarnya.

Sementara itu informasi yang diterima Batam Pos, MV. Dumai Line 9 mengalami Trouble Hydroulic Kemudi atau gangguan pada kemudi kapal sehingga tidak bisa dikemudikan. Kejadiannya sekitar pukul 10.53 WIB, pada posisi mendekati Selat Panjang. Kapal tidak dapat dikemudikan, akhirnya kapal mengalami kandas pada posisi tersebut.*