Pemko Pekanbaru Susun Strategi Pembangunan Kota Berkelanjutan

Pemko Pekanbaru Susun Strategi Pembangunan Kota Berkelanjutan

4 Juni 2024
Rakernas Apeksi di Kota Balikpapan, Selasa (4/6/2024). Foto: Istimewa.

Rakernas Apeksi di Kota Balikpapan, Selasa (4/6/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya perencanaan kota yang matang guna menghadapi tantangan masa depan. Karena, sekitar 70 persen penduduk Indonesia diprediksi akan tinggal di perkotaan pada tahun 2045. Dunia akan dihadapi situasi serupa dengan 80 persen penduduk tinggal di perkotaan pada 2050.

"Beban kota akan sangat berat. Oleh sebab itu, setiap pemerintah kota di Indonesia harus memiliki perencanaan detail kota," ucap Jokowi. 

Kondisi lalu lintas di berbagai kota besar di Indonesia yang mulai macet, termasuk Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan. Semua kota akan mengalami kemacetan lalu lintas di masa mendatang. 

"Makanya, perencanaan transportasi umum dan massal harus dipersiapkan sejak sekarang," terang Jokowi. 

Para pemimpin kota diajak untuk merubah paradigma pembangunan kota yang identik dengan gedung pencakar langit. Padahal, kota yang baik ke depan adalah kota yang ramah pejalan kaki, disabilitas, pesepeda, perempuan, dan anak, serta ramah lingkungan.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa siap menjalankan yang telah diarahkan oleh Presiden Jokowi. Pemko Pekanbaru bakal menyusun strategi untuk pembangunan kota yang berkelanjutan. 

"Sesuai dengan visi Presiden Jokowi untuk menjadikan kota-kota di Indonesia lebih nyaman dan dicintai oleh warganya," ucapnya.