Tumi Lompok Ayam Kampar Juara 2 Anugerah Pesonan Indonesia 2023

Tumi Lompok Ayam Kampar Juara 2 Anugerah Pesonan Indonesia 2023

3 November 2023
Anugerah Pesonan Indonesia 2023/Net

Anugerah Pesonan Indonesia 2023/Net

RIAU1.COM - Provinsi Riau menerima 5 penghargaan sektor pariwisata dalam ajang Anugerah Pasona Indonesia  2023.

Penghargaan tersebut diberikan oleh panitia penyelenggara, yakni Ayo Jalan-jalan Indonesia, di malam puncak Anugerah Pesona Indonesia 2023 di Plaza Presisi Manise, Kota Ambon, pada Rabu (1/11/2023) malam lalu.

Pada kategori destinasi belanja, pusat kudapan khas Riau yakni Viera Oleh-oleh Pekanbaru berhasil menyabet juara 1. Kemudian, Tumi Lompok Ayam dari Kampar meraih juara 2 pada kategori makanan tradisional. 

Selanjutnya, juara 3 pada kategori destinasi baru, ditorehkan oleh Asia Heritage Pekanbaru. Lalu, juara 3 kategori atraksi budaya, diraih oleh Sepak Rago Tinggi Kuantan Singingi. Kemudian, juara 3 kategori promosi pariwisata digital, diraih oleh Kuansing Bacarito dari Kabupaten Kuantan Singingi. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengucapkan selamat kepada peraih Anugerah Pesona Indonesia 2023. Menurutnya, prestasi ini berdampak positif untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bumi Lancang Kuning. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami mengucapkan tahniah kepada para pemenang. Tanpa ada dukungan pegiat pariwisata di Riau, sektor pariwisata tidak bisa berkembang pesat seperti saat ini," kata Roni, Kamis (1/11/2023)

Lalu dijelaskan Roni, Riau adalah daerah yang dianugerahi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Sektor tersebut dapat dijadikan sumber pendapatan baru dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Loading...

"Untuk mendorong maju sektor pariwisata di Riau, kami yakini tidak bisa terlepas dari kolaborasi serta dukungan dari komunitas organisasi pariwisata, pihak swasta, dan stakeholder lainnya," tutur Roni. 

Kemudian Roni menyampaikan, keberhasilan sektor pariwisata di  Riau merupakan bukti kerja kolaborasi yang luar biasa antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, serta pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). 

"Atas nama Gubernur Riau, kami mengucapkan tahniah kepada pemerintah kabupaten/kota, pelaku parekraf, masyarakat Riau dan pihak terkait lainnya yang telah berpartisipasi pada ajang Anugerah Pariwisata Indonesia 2023," ujarnya. 

Roni mengajak pihak terkait untuk bisa menciptakan optimisme dan energi positif dalam memajukan sektor parekraf di Provinsi Riau. Hal ini agar bisa mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membuka peluang lapangan pekerjaan secara cepat dan seluas-luasnya.

"Semoga Pariwisata Riau mampu menjadi satu di antara destinasi berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan," demikian Roni Rakhmat.*