LIga 2 2020 Dimulai : PSPS dan Tiga Naga Berebut Tiket Liga 1

LIga 2 2020 Dimulai : PSPS dan Tiga Naga Berebut Tiket Liga 1

13 Maret 2020
Tim Sepakbola Tiga Naga yang akan berlaga di Liga2 2020/ foto Internet

Tim Sepakbola Tiga Naga yang akan berlaga di Liga2 2020/ foto Internet

RIAU1.COM -Pertandingan pembukaan Kompetisi Liga 2 2020 akan berlangsung besok, Sabtu (14 Maret 2020), dengan mempertemukan Persiba Balikpapan menjamu Kalteng Putra pada wilayah Timur di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Persatuan Sepakbola Pekanbaru Sekitarnya (PSPS) dan PS Tiga Naga,  menjadi peserta Liga 2 diwilayah Barat. Dua tim kebangaan masyarakat Riau ini akan berebut tiket untuk bisa berlaga di Liga 1 2021, mendatang.

Pada musim 2020, ada beberapa perubahan regulasi yang akan terjadi di Liga 2. Sebelum kompetisi dimulai, PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan pertemuan dengan perwakilan klub Liga 2 di Hotel Four Point, Sarinah, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Dalam pertemuan itu, PT LIB menjelaskan bahwa Liga 2 2020 masih terbagi ke dalam dua wilayah yakni Timur dan Barat. Masing-masing wilayah akan diisi oleh 12 klub, artinya ada 24 tim yang berlaga di Liga 2 2020.

Pada Liga 2 2020, tidak ada babak delapan besar untuk menentukan promosi ke Liga 1 2021. Peringkat pertama masing-masing wilayah otomatis akan lolos promosi ke Liga 1 2021.


"Peringkat pertama dari wilayah Barat dan Timur langsung promosi ke Liga 1 tahun depan. Untuk peringkat kedua masing-masing wilayah, akan ada satu pertandingan untuk menentukan promosi ke Liga 1 2021," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri, seperti dilansir Bolasport.com.

Pertandingan final dan perebutan tempat ketiga Liga 2 2020 rencananya akan digelar selama satu hari di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada 3 Oktober mendatang.

Dipilihnya SUGBK dengan alasan karena venue tersebut merupakan stadion terbesar di Indonesia. PT LIB yakin klub di Indonesia pasti akan senang bila bermain di stadion berkapasitas 68 ribu penonton tersebut. "Kami bilang road to SUGBK karena bisa memungkinkan seperti ini. Untuk peringkat kedua pada masing-masing wilayah akan bertemu kembali. Minimal kalau tidak promosi ke Liga 1, ya paling tidak mereka pernah bermain di SUGBK. Itu kan sebuah kebanggaan," ucap Cucu Somantri menambahkan.

Setiap klub menerima uang subsidi sebesar Rp 1,15 miliar setelah sebelumnya hanya mendapatkan sekitar Rp 1 miliar permusim. Kenaikan uang subsidi itu juga sesuai saran dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Sebelumnya PT LIB juga menaikan uang subsidi klub Liga 1 2020 dari Rp 5 miliar menjadi Rp 5,25 miliar. Dengan uang subsidi itu diharapkan tidak ada lagi kasus penunggakan gaji di Liga 2 2020.

 

Berikut Pembagian Grup Liga 2 2020

Wilayah Barat

PSMS Medan
PSPS Riau
Tiga Naga
Semen Padang
Babel United
Sriwijaya FC
Badak Lampung FC
Cilegon United
Perserang Serang
PSKC Cimahi
Persekat Tegal
PSIM Yogyakarta

Wilayah Timur

PSCS Cilacap
Persijap Jepara
Persis Solo
PS Hizbul Wathan
Putra Sinar Giri
Martapura FC
Kalteng Putra
Persiba Balikpapan
Mitra Kukar
Sulut United
PSBS Biak
Persewar Waropen