Minggu, 29 November 2020

OLAHRAGA

Sejarah 26 Oktober: Berdirinya FA, Asosiasi Sepak Bola Tertua di Dunia

news24xx


Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - The Football Association (FA) resmi berdiri hari ini tahun 1863 di London. Tujuannya hanya satu saat itu. Untuk menaungi olahraga sepak bola di Inggris.

Sejak berdirinya FA, perkembangan olahraga sepak bola di seluruh penjuru dunia berkembang dengan pesat dikutip dari goal.com, Senin, 26 Oktober 2020.

Sebelum dibentuk, klub-klub sepakbola sudah bermunculan di berbagai penjuru Inggris.

Baca Juga: Jelang Southeast Asian Games ke-31 2021, 2 Alet Dayung Riau Dipanggil Ikuti Seleknas di Jabar



www.jualbuy.com

Sayang, klub-klub sepakbola tersebut menggunakan peraturan yang berbeda-beda di setiap lokasi.

Beberapa diantara aturann itu adalah Cambridge yang disebut-sebut paling mendominasi banyak daerah di Inggris. Selain Cambridge, ada juga aturan Sheffield. Kedua aturan ini menjadi yang paling populer kala itu.

Meski memiliki perbedaan yang tidak terlalu besar, kedua aturan ini melarang diberlakukannya hacking atau menendang lawan di area sekitar tulang kering.

Lantaran membutuhkan aturan yang sama, 11 klub dan universitas mengirimkan wakilnya untuk berkumpul satu meja dalam rapat perdana FA di Freemasons' Tavern, London.

Ke-11 klub itu adalah Barnes, Civil Service, Crusaders, Forest of Leytonstone, Klub Tanpa Nama (Kilburn), Crystal Palace, Blackheath, Kensington School, Perceval House, Surbiton, dan Blackheath Proprietary School.

Rapat FA ini terus berlanjut sampai Desember 1863 dengan hasil memunculkan peraturan baru yang menyerupai Aturan Cambridge.

Baca Juga: Ini Jadwal Liga Champions Matchday Keempat 25-26 November 2020

Beberpa pihak yang tidak sepakat dengan keputusan ini kemudian memilih keluar dari FA dan mendirikan Rugby Football Union.

Tak hanya itu, Perpisahan antara FA dan Rugby Football Union membuat nama baru yaitu soccer. Hal ini sebagai ungkapan slang dari association untuk merujuk bahwa sepak bola ini diatur oleh FA (Football Association).





loading...
Loading...