Rabu, 03 Juni 2020

PEKANBARU

Jumlah ODP dan PDP di 4 Kecamatan Tertinggi, Wali Kota Pekanbaru: Kesadaran Masyarakatnya Rendah Akan Bahaya Virus Corona

news24xx


Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1. Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Jumlah kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tertinggi di empat kecamatan. Hal ini disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat di empat wilayah itu akan bahaya virus corona.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam konferensi pers, Jumat (3/4/2020), mengatakan, pihaknya sudah menunggu kesadaran masyarakat selama dua pekan sejak ditetapkannya satu orang positif yang berdomisili di Kecamatan Bukit Raya pada 13 Maret lalu. Pengamatan di lapangan dan juga laporan masyarakat, saat ada yang positif di kota Pekanbaru, ketakutan masyarakat sudah bagus. 

Aktivitas keluar rumah rumah mulai berkurang. Hal itu terlihat dengan sepinya jalanan. 

"Tapi ketika diinformasikan pasien pertama yang positif itu sembuh, kami melihat di lapangan malah bertambah. Artinya, kami memahami bahwa masyarakat mengganggap virus corona itu bukan masalah besar. Itu dugaan kami," ucap Firdaus.

Sejak pasien pertama diumumkan sembuh dari virus corona, masyarakat Pekanbaru mulai terpantau hilir mudik di Kecamatan Tampan, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Bukit Raya, dan Kecamatan Tenayan Raya. Jika ditarik benang merahnya, hal itu berhubungan dengan tingginya jumlah ODP, PDP, dan kasus positif corona.

Baca Juga: New Normal di Pekanbaru, Tempat Hiburan Paragon Pub & KTv Ramai Pengunjung hingga Dinihari

www.jualbuy.com

"Kesadaran masyarakatnya masih rendah terhadap pemahaman betapa bahayanya virus corona," sebut Firdaus.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan hari ini, pukul 15.34 WIB, Kecamatan Tampan memiliki 161 ODP, 16 PDP, dan 2 orang positif corona.

Kecamatan Tenayan Raya 104 ODP, 7 PDP, dan 1 orang positif corona. Kecamatan Marpoyan Damai 95 ODP dan 8 PDP.

Satu orang sebelumnya positif di Kecamatan Bukit Raya sudah sembuh. Sementara itu, ODP di Kecamatan Bukit Raya 96 orang dan PDP 5 orang.

Kecamatan Payung Sekaki 45 ODP. Sedangkan PDP 8 orang.

Baca Juga: PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Dibuka Awal Bulan Depan Selama 7 Hari, Jumlah Orangtua yang Verifikasi Berkas Dibatasi

Kecamatan Rumbai Pesisir 50 ODP. Sedangkan PDP 1 orang.

Kecamatan Sukajadi 46 ODP. Sedangkan PDP 2 orang.

Kecamatan Rumbai 38 ODP. Sedangkan PDP 2 orang.

Kecamatan Limapuluh 31 ODP dan 3 PDP. Kecamatan Pekanbaru Kota 31 ODP. 

Kecamatan Sail 27 ODP. Sedangkan PDP 2 orang. Kecamatan Senapelan 26 ODP dan PDP 2 orang.





loading...
Loading...