PLTGU Selesai Dibangun di Tenayan Raya Pekanbaru, Kini Tahap Uji Coba

PLTGU Selesai Dibangun di Tenayan Raya Pekanbaru, Kini Tahap Uji Coba

19 November 2021
PLTU di dalam Kawasan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1.

PLTU di dalam Kawasan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) telah rampung dibangun di dalam Kawasan Industri Tenayan (KIT), Kecamatan Tenayan Raya. Kini, PLTGU dalam masa uji coba sebelum dialirkan ke rumah warga. 

"Saat ini, PLTGU dalam proses uji coba produksi listrik. Kami menjadwalkan listrik dari mesin pembangkit disalurkan pada kuartal pertama tahun depan.ujarnya Dengan begitu, ketersediaan listrik untuk Pekanbaru dan daerah lain di Riau sudah terpenuhi,'' kata General Manager (GM) PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) Alland Asqolani, Jumat (19/11/2021).

Sebagaimana diketahui, PLTGU berkapasitas 275 Megawatt (MW) dibangun di dalam KIT. Pembangunan dimulai pada 2018 lalu. 

PLTGU ini dibangun oleh PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) dimana operatornya adalah PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). Lokasi PLTGU satu lokasi dengan PLTU Tenayan di KIT. 

"Kami mendapat dukungan dalam pembangunan PLTGU yakni dari segi perizinan. Dukungan lainnya juga disiapkan dengan rencana pembangunan akses transportasi ke lokasi," ungkap Alland.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus gembira dengan progres PLTGU tersebut. Dua pembangkit listrik, yang selama ini direncakan, akhirnya terwujud. 

"Karena lokasi dua pembangkit listrik di dalam KIT, maka kebutuhan listrik sudah terpenuhi. Tak hanya untuk KIT, listrik dari dua pembangkit ini juga cukup untuk Riau," ucapnya.