Selain Rudenim, Dinkes Pekanbaru juga Fasilitasi Pengungsi Asing Dirawat di Puskesmas

Selain Rudenim, Dinkes Pekanbaru juga Fasilitasi Pengungsi Asing Dirawat di Puskesmas

31 Mei 2022
Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru juga terlibat dalam penanganan pengungsi asing di penampungan. Khusus pengungsi Rohingya yang baru datang, kesehatan mereka masih ditangani pihak Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Selasa (31/5/2022), mengatakan, kesehatan para pengungsi Rohingya ditangani oleh klinik Rudenim. Pihak Rudenim juga bekerja sama dengan IOM.

"Namun, kami juga telah melakukan kerja sama dengan pihak Rudenim maupun IOM sebelumnya dalam memeriksa kesehatan para pengungsi asing. Selagi para pengungsi itu masih di Kota Pekanbaru, kami tetap memfasilitasi para pengungsi untuk ditangani di puskesmas terdekat," ujarnya.

Bagi pengungsi Rohingya yang baru datang ini, biasanya dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan Rudenim dan IOM. Ke depannya bila dibutuhkan, Dinkes siap memberikan bantuan. 

Sebagaimana diketahui, 119 pengungsi Rohingya dipindahkan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Gampong Meunasah Mee Aceh ke Kota Pekanbaru secara bergelombang pada 18 dan 19 Juni. Pengungsi Rohingya diarahkan ke tempat penampungan D’Cops 2 di Kecamatan Bukit Raya.