Rencana One Way Jalan Riau, Dishub Pekanbaru Hitung Jumlah Kendaraan dengan Robot

Rencana One Way Jalan Riau, Dishub Pekanbaru Hitung Jumlah Kendaraan dengan Robot

17 Juni 2022
Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan menerapkan one way (jalur satu arah) dalam waktu tertentu di Jalan Riau. Saat ini, jumlah kendaraan sedang dihitung robot di Jalan Riau. 

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Jumat (17/6/2022), mengatakan, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas agar tak terjadi kemacetan yang panjang dan lama di Jalan Riau. Karena, Jalan Riau itu tak bisa dikembangkan lagi. Salah satu solusinya adalah merekayasa lalu lintas. 

"Saat ini, kami melakukan penghitungan dengan bantuan robot.  Robot ini sedang menghitung jumlah kendaraan di jalan tersebut," ungkapnya.

Kemudian, rekayasa lalu lintas itu dirumuskan oleh robot tersebut. Makanya, pola arus kendaraan di Jalan Riau itu harus menjadi satu arah. Namun, jalur satu arah itu tidak sepanjang hari. 

"Jalur satu arah ini hanya mulai dari pukul 10.00-20.00 WIB. Karena selama jam tersebut, terjadi kemacetan yang cukup panjang," ujar Yuliarso.

Dishub juga sudah mempertimbangkan dan mendiskusikan cukup panjang dengan stakeholder (pengambil kebijakan) terkait. Dishub juga mendengarkan masukan dari masyarakat. 

"Kami harus melakukan percobaan guna mengetahui hasilnya. Sebenarnya, hasil dari hitungan robot itu terlihat di U-turn depan Kantor Kecamatan Bukit Raya, Jalan Kaharuddin Nasution (Simpang Tiga). U-turn itu hanya untuk akses mobil pemadam kebakaran," sebut Yuliarso.