Diskominfotiksan Pekanbaru Tindak Lanjuti Program Kelas Kominfo ke Pj Wali Kota

Diskominfotiksan Pekanbaru Tindak Lanjuti Program Kelas Kominfo ke Pj Wali Kota

15 Desember 2022
Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru Tri Sepnasaputra bersama Kabid PIKP Dedi Damhudi. Foto: Istimewa.

Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru Tri Sepnasaputra bersama Kabid PIKP Dedi Damhudi. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru meminta pendapat dan masukan dari Komunitas Penggiat Informasi (Bertuah Care) dan para kepala sekolah SD dan SMP terkait usulan program Kelas Kominfo. Program ini merupakan wadah yang dibentuk untuk mencegah anak-anak sekolah menyerap informasi negatif dari media sosial (medsos). 

Seperti diketahui, penggunaan smartphone dan internet dalam medsos sudah terjadi secara masif. Dikhawatirkan terjadi degradasi moral bagi anak-anak yang tidak mendapatkan arahan untuk menggunakan medsos secara positif.

Kepala SDN 118 Pekanbaru Maryati mengatakan, Kelas Kominfo ini merupakan lingkungan sosial yang memberikan ruang kepada siswa untuk saling berinteraksi dalam mengembangkan bakat dan potensi diri di ruang publik, secara kreatif, dan inovatif. Pihaknya sudah mencoba membawa anak didik ke acara Pijar Bertuah dan Budpar Edutainment yang telah diselenggarakan oleh Diskominfotiksan dan Disbudpar Pekanbaru.

"Antusias anak dan wali murid begitu luar biasa berharap ini akan dipatenkan menjadi inovasi Pemko Pekanbaru," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMPN 5 Pekanbaru Evi Mayeni. Pijar Bertuah dan Budpar Edutainment yang sudah dilaksanakan oleh Pemko Pekanbaru menjadi ruang terbuka dan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh sekolah-sekolah. 

"Biasanya di perlombaan atau acara-acara seremonial, yang sering tampil itu adalah anak-anak yang berprestasi. Namun di Kelas Kominfo, semua anak bisa tampil. Kami bangga bisa menampilkan bakat dan kebiasaan anak didik kami, tidak hanya terkait kesenian, tapi juga hal lainnya. Tidak hanya sebagai penampil tetapi juga penyerap informasi," katanya. 

Menanggapi audiensi tersebut, Plt Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, Tri Sepnasaputra menyambut baik usulan program Kelas Kominfo untuk dipatenkan dan dihidupkan kembali. Ia juga melihat antusias anak-anak yang sangat bergembira bisa tampil di muka publik setelah sekian lama vakum karena Covid-19. 

"Jadi ketika HBKB digelar kembali. Ajang ini menjadi momen luar biasa untuk mereka. Kami bersama dinas-dinas lainnya akan berupaya agar dapat kita hidupkan kembali," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang PIKP Diskominfotiksan Dedi Damhudi menambahkan, ia akan merencanakan audiensi lanjutan ke Pj wali kota terkait program ini. Diyakini, program ini akan diikuti semua sekolah. 

"Sekolah yang di ujung Pekanbaru saja mau ikut, apalagi yang di tengah-tengah. Kita akan segera perkuat legalitas program Kelas Kominfo ini melalui SK wali kota," jelasnya.